HOME, Keluarga

5 Pelembab Alami Terbaik untuk Kulit Berminyak, Melembabkan Tanpa Menyumbat Pori-Pori

5 Pelembab Alami Terbaik untuk Kulit Berminyak, Melembabkan Tanpa Menyumbat Pori-Pori

MOMSMONEY.ID - Kulit berminyak menjadi salah satu jenis kulit yang paling sulit dirawat karena cenderung sensitif dan mudah berjerawat. Karena produksi minyaknya yang berlebihan, banyak orang menganggap bahwa kulit berminyak tidak perlu pakai pelembab. Faktanya, anggapan itu merupakan mitos belaka.

Melewatkan penggunaan pelembab pada kulit berminyak berisiko memperburuk kondisi kulit serta dapat menyebabkan munculnya jerawat. Tentu, Anda tidak mau kulit berminyak Anda semakin menggila bukan?

Maka dari itu, wajib hukumnya bagi para pemilik kulit berminyak untuk tetap menggunakan pelembab. Selain produk pelembab siap pakai, pelembab alami juga patut untuk Anda pertimbangkan karena dinilai lebih aman bagi kulit. Sebagai referensi, berikut MomsMoney bagikan 5 pelembab alami terbaik untuk kulit berminyak yang pastinya non-comedogenic dan efektif untuk melembabkan.

Baca Juga: Sedang Menstruasi? Hindari Makanan dan Minuman Ini Dulu Yuk

1. Argan oil

Argan Oil

Argan oil merupakan pelembab yang luar biasa untuk kulit berminyak. Hal ini bukan tanpa alasan. Argan oil menjadi salah satu bahan alami yang diklaim 100% non-comedogenic sehingga tidak akan menyebabkan pori-pori tersumbat.

Selain itu, argan oil juga bermanfaat untuk membantu menyeimbangkan produksi sebum pada kulit serta memiliki tekstur yang ringan dan mudah meresap ke dalam kulit. Dengan kelebihannya ini, argan oil sangat cocok untuk digunakan pada kulit berminyak karena mampu melembabkan tanpa menghasilkan sensasi berminyak sama sekali. Memanfaatkan argan oil sebagai pelembab tidak hanya mampu melembabkan kulit dari dalam melainkan juga membuat kulit terhidrasi sekaligus memberikannya gizi.

2. Shea butter

Shea Butter

Pelembab alami kedua yang masuk dalam kategori pelembab terbaik untuk kulit berminyak adalah shea butter. Meskipun konsistensinya kental, namun shea butter telah terbukti bersifat non-comedogenic. Ini artinya shea butter bagus untuk melembabkan kulit berminyak tanpa memperburuk kondisinya apalagi menyumbat pori-pori.

Tak sekadar itu, shea butter juga memiliki kemampuan menghalangi sinar UVB alami sehingga menjadikannya sempurna untuk digunakan baik pada siang maupun malam hari. Anda dapat melelehkan sedikit shea butter dan masukkan cairannya ke dalam botol. Kemudian, semprotkan shea butter yang sudah dicairkan ke kapas dan oleskan ke seluruh wajah Anda.

3. Rosehip oil

Rosehip oil

Jika Anda memiliki kulit berminyak yang sensitif sekaligus mudah berjerawat, maka rosehip oil patut untuk Anda jajal guna melembabkannya. Rosehip oil memiliki beragam manfaat bagi kulit berminyak di antaranya membantu memerangi kulit yang meradang dan teriritasi, mengurangi kemerahan, serta menenangkan jerawat.

Terlepas dari kemampuan melembabkannya yang luar biasa, rosehip oil mampu bekerja untuk mengurangi bekas jerawat, meratakan warna kulit, serta membantu memperbaiki banyak kondisi kulit seperti garis-garis halus, kerutan, jaringan parut, perubahan warna kulit, bintik-bintik penuaan, eksim, psoriasis, dan stretch mark. Melihat manfaatnya yang melimpah, sudah sepatutnya bagi Anda para pemilik kulit berminyak untuk memasukkan rosehip oil ke dalam rutinitas skincare harian Anda mulai saat ini.

4. Campuran almond oil, coconut oil, dan aloe vera

Lidah buaya

Kombinasi dari ketiga bahan alami ini akan menghasilkan pelembab natural yang menakjubkan untuk kulit berminyak. Aloe vera dikenal karena teksturnya yang ringan dan sifat melembabkannya yang tidak membuat kulit terasa berminyak. Adapun sifat anti-inflamasi, antioksidan, vitamin E, dan vitamin C yang ada di dalam aloe vera menjadikannya sebagai salah satu pelembab terbaik untuk semua jenis kulit.

Sementara itu, almond oil dan coconut oil mengandung asam lemak tinggi yang berfungsi sebagai emolien alami serta dapat membantu mengunci kelembaban. Kedua bahan ini juga mampu menyerap kelebihan sebum penyebab pori-pori tersumbat sekaligus mampu membuat kulit terlihat segar dan bercahaya.

Campurkan 4 sendok makan aloe vera gel dengan masing-masing 2 sendok makan almond oil dan coconut oil kemudian aduk rata. Setelah tercampur sempurna, simpan campuran tersebut ke dalam botol. Untuk hasil terbaik, aplikasikan campuran ketiga bahan ini sebanyak 2 kali sehari pada kulit wajah.

5. Campuran pisang, madu, dan susu

Pisang

Pisang merupakan salah satu bahan utama dalam pembuatan pelembab DIY untuk kulit berminyak. Sebagai sumber vitamin C, kalium, kalsium, dan serat, pisang dapat bekerja dengan sangat baik untuk kulit. Sedangkan madu merupakan humektan alami yang dapat memerangkap kelembaban dalam kulit dan membuatnya terasa lembut sekaligus kenyal.

Untuk menambahkan sifat mencerahkan dan kelembaban ekstra, susu menjadi pilihan terbaik untuk melengkapi khasiat dari pisang dan madu. Nah, ketika tiga bahan ini bercampur dan diaplikasikan pada kulit, maka kulit akan lebih bercahaya dan terlihat awet muda. Dengan kandungan vitaminnya yang tinggi, campuran pisang, madu, dan susu akan menjadi salah satu pelembab terbaik untuk kulit berminyak.

Hancurkanlah 1 buah pisang matang hingga berubah menjadi pasta yang halus. Tambahkan 1 sendok teh madu dan 2 sendok makan susu mentah. Setelah tercampur, oleskan pasta tersebut pada wajah dan diamkan selama 30 menit kemudian pijat secara lembut dan bersihkan wajah dengan menggunakan air dingin.

Selanjutnya: Ketahui 5 Manfaat Jeruk Nipis untuk Perawatan Rambut di Sini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News