HOME, Bugar

Ketahui 5 Manfaat Jeruk Nipis untuk Perawatan Rambut di Sini

Ketahui 5 Manfaat Jeruk Nipis untuk Perawatan Rambut di Sini

MOMSMONEY.ID - Tidak hanya untuk kulit, jeruk nipis juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan rambut. Jeruk nipis mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi. Selain kandungan vitamin C, jeruk nipis juga mengandung kalsium, zat besi, dan zat tembaga yang baik untuk kesehatan rambut. 

Jika Anda memiliki masalah rambut seperti ketombe, rambut kusam dan tipis. Jeruk nipis bisa menjadi solusi alami untuk perawatan rambut Anda. Melansir dari herworld.co.id, ada beberapa manfaat jeruk nipis untuk rambut, yaitu: 

1. Membantu pertumbuhan rambut

Manfaat jeruk nipis untuk rambut pertama adalah membantu pertumbuhan rambut. Kandungan vitamin C di dalamnya dipercaya mampu mengatasi kebotakan, penipisan helai rambut, serta berbagai masalah rambut rontok.

Namun, jeruk nipis bisa menyebabkan kulit kepala menjadi kering, untuk mengatasinya Anda juga bisa mencampurkan jeruk nipis dengan beberapa oil seperti minyak zaitun, minyak kelapa atau minyak kacang almond untuk mengunci kelembapan rambut.

2. Menerangkan warna rambut

Jeruk nipis juga mampu menerangkan warna rambut Anda. Seperti warna rambut pirang atau hitam agar terlihat lebih terang warnanya. Jeruk nipis memiliki kesamaan dengan lemon yaitu kandungan alaminya untuk menerangkan warna rambut ketika diaplikasikan pada tiap-tiap helai rambut.

Anda bisa mencoba perawatan rambut ini di rumah. Campurkan sari jeruk nipis dan air, lalu disimpan ke dalam botol semprot. Selanjutnya, semprotkan pada rambut Anda sebelum tidur untuk menerangkan warna rambut.

Ada cara lainnya, Anda bisa mengaplikasikan langsung air jeruk nipis dan diamkan selama satu jam di bawah sinar matahari, lalu bilas hingga bersih. Rambutmu akan terlihat dua hingga tiga kali lebih terang dan tidak kusam. Selain rambut terlihat terang, Anda juga sekaligus menyehatkan kondisi rambut. 

Baca Juga: Pemilik Kulit Kering, Hindarilah 5 Hal Ini Jika Tidak Mau Kulit Jadi Lebih Kering

3. Membuat rambut terlihat berkilau

Selain menerangkan warna rambut, jeruk nipis juga dapat membuat rambut terlihat berkilau. Cara membuatnya tidak sulit yaitu campurkan air jeruk nipis dan madu atau bisa juga minyak zaitu, aduk hingga merata.

Oleskan pada rambut Anda sebelum keramas, kemudian diamkan selama 10 menit sebelum dibilas hingga bersih. Anda bisa melakukan perawat ini secara rutin, untuk mendapatkan rambut yang terlihat berkilau dan kuat. 

4. Meluruskan rambut secara alami

Manfaat jeruk nipis untuk rambut selanjutnya yaitu meluruskan rambut secara alami. Jika Anda sangat ingin memiliki rambut lurus, perawatan alami ini bisa Anda coba. Untuk menghindari risiko kerusakan pada rambut, gunakan jeruk nipis sebagai bahan pelurus alami.

Campurkan air jeruk nipis, arrowroot powder, santan, dan minyak kelapa dalam panci, kemudian panaskan dalam api kecil. Setelah semua tercampur, diamkan satu malam.

Aplikasikan pada rambut dari akar hingga ke ujung rambut, kemudian diamkan minimal satu jam. Anda juga bisa memaksimalkan campuran tersebut dengan bantuan panas dari hair dryer atau steam rambut.

5. Mengatasi ketombe

Manfaat jeruk nipis untuk rambut lainnya adalah mengatasi ketombe. Adanya ketombe di kulit kepala, membuat Anda merasa tidak nyaman dan aktivitas menjadi terganggu. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi ketombe, salah satunya dengan bahan alami, jeruk nipis, 

Kandungan asam pada air jeruk nipis efektif dalam mengurangi ketombe pada kulit kepala. Anda bisa menggosokkan potongan jeruk nipis langsung ke kulit kepala atau membilas rambut dengan air jeruk nipis. Untuk menjaga kelembapan kulit kepala, Anda perlu mencampurkan minyak zaitun, minyak kelapa, atau minyak kacang almond.

Selanjutnya: Wajah Cerah! Ketahui Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan Kulit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News