5 Minuman Detoks untuk Merawat Kecantikan Kulit dari Dalam, Yuk Coba

Reporter: Ana Risma
Rabu, 30 November 2022 | 13:06 WIB
5 Minuman Detoks untuk Merawat Kecantikan Kulit dari Dalam, Yuk Coba

ILUSTRASI. Minuman Detoks untuk Merawat Kecantikan Kulit dari Dalam.


MOMSMONEY.ID - Kali ini MomsMoney akan membagikan 5 minuman detoks untuk merawat kecantikan kulit dari dalam. Simak baik-baik, ya.

Jika penggunaan skincare dapat meningkatkan tampilan kulit dari luar, maka makanan dan minuman sehat mampu merawat kecantikan kulit dari dalam.

Salah satu minuman sehat yang bisa merawat kecantikan kulit dari dalam adalah detox drink atau minuman detoks.

Minuman detoks diklaim dapat membantu detoksifikasi atau proses menghilangkan racun dan kotoran dari dalam tubuh. Saat tubuh bersih dari racun maupun kotoran, itu akan memberikan efek yang positif bagi kulit.

Lalu, apa saja minuman detoks yang bermanfaat untuk merawat kecantikan kulit dari dalam? Melansir SkinKraft Laboratories, inilah daftarnya:

Baca Juga: 4 Manfaat Avocado Oil untuk Kulit, Begini Cara Menggunakan Avocado Oil untuk Kulit

1. Air detoks semangka

Biji semangka

Semangka merupakan buah kaya nutrisi yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Buah yang berair ini mengandung vitamin A, B1, C, zat besi, kalsium, magnesium, natrium, tembaga, dan lain-lain.

Perpaduan nutrisi tersebut menjadikan air detoks semangka mampu meningkatkan sistem pencernaan dan mengurangi masalah terkait jantung. Dalam air detoks semangka, ada juga sifat anti-inflamasi yang bermanfaat untuk membantu mengatasi jerawat.

Berkat kandungan seratnya yang melimpah, air detoks semangka bisa membuat perut kenyang lebih lama.

Cara membuat air detoks semangka:

Masukkan beberapa potongan semangka, 3 irisan lemon, beberapa lembar daun mint, dan irisan jahe ke dalam wadah kaca. Masukkan es batu secukupnya lalu tambahkan lagi bahan-bahan tadi. Terakhir, tuang 3 gelas air dingin dan minumlah pada pagi hari.

2. Air detoks vitamin C

Air lemon

Vitamin C memainkan peran penting dalam perawatan kulit. Oleh sebab itu, tidak heran jika vitamin C sering ditemukan di banyak produk skincare.

Vitamin C mampu menciptakan perisai antara kulit dengan paparan bahan kimia, patogen, maupun sinar UV. Dengan mengonsumsi air detoks vitamin C, itu tidak hanya sehat untuk kulit tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Cara membuat air detoks vitamin C:

Siapkan wadah kaca berisi air secukupnya kemudian peraskan ½ buah lemon ke dalamnya. Tambahkan beberapa irisan mentimun dan daun mint ke dalam air perasan lemon.

Simpan dalam lemari es sampai dingin dan minumlah pada pagi hari saat perut masih kosong.

3. Air detoks kunyit

Kunyit

Kunyit telah digunakan untuk meningkatkan kecantikan kulit selama berabad-abad. Karena memiliki sifat mengobati, anti-inflamasi, dan antibakteri, kunyit dapat dengan mudah mengatasi jerawat, luka, hingga iritasi kulit.

Penelitian menunjukkan bahwa kunyit bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh berkat komponen kurkumin yang terdapat di dalamnya.

Cara membuat air detoks kunyit:

Tuang air hangat secukupnya ke dalam wadah kaca lalu tambahkan ½ sendok teh bubuk kunyit dan perasan ½ buah lemon. Masukkan 1 sendok teh madu dan 1 sendok teh cuka apel ke dalam air.

Minum air detoks kunyit sesegera mungkin, sebaiknya pada pagi hari dengan perut kosong.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Face Oil dan Oil Serum untuk Skin Barrier, Harga Mulai Rp 50.000-an

4. Air detoks stroberi

Stroberi

Stroberi memiliki mikronutrien yang dapat membantu meningkatkan kecantikan dan kesehatan kulit.

Bahkan, stroberi memiliki sifat anti-aging untuk mengurangi kemunculan garis-garis halus dan kerutan pada wajah lho.

Cara membuat air detoks stroberi:

Siapkan wadah kaca kemudian masukkan 2 cangkir potongan stroberi, 2 irisan lemon, sedikit daun mint, dan es batu ke dalamnya. Tambahkan 3 gelas air lalu aduk-aduk dan dinginkan di dalam lemari es selama 1 jam.

Anda bisa minum air detoks stroberi kapan pun namun jangan lebih dari 12 jam setelah dibuat karena buah berpotensi membusuk.

5. Air detoks delima

Delima merah

Delima memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Delima juga diperkaya dengan kandungan air yang dapat merawat kulit kering dan kusam dengan menjaganya tetap terhidrasi.

Selain menawarkan manfaat yang bagus untuk kulit, kelebihan lain dari air detoks delima yaitu proses pembuatannya mudah dan rasanya enak.

Cara membuat air detoks delima:

Siapkan 1 buah delima dan ambil bijinya. Tuang biji delima ke dalam juicer kemudian tambahkan air secukupnya. Setelah halus, saring jus delima guna memisahkan sari dan ampasnya.

Usai disaring, peras 2 irisan lemon ke dalam jus dan air detoks delima pun siap untuk disajikan. Baiknya, minumlah air detoks delima ini saat sarapan atau setelah makan siang.

Nah, itulah 5 minuman detoks untuk merawat kecantikan kulit dari dalam. Kira-kira, Moms mau coba yang mana?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER