Keluarga

4 Manfaat Avocado Oil untuk Kulit, Begini Cara Menggunakan Avocado Oil untuk Kulit

4 Manfaat Avocado Oil untuk Kulit, Begini Cara Menggunakan Avocado Oil untuk Kulit

MOMSMONEY.ID - Yuk, cari tahu 4 manfaat avocado oil untuk kulit dan cara menggunakannya.

Avocado oil atau minyak alpukat diekstrak dari daging buah alpukat. Daging buah alpukat sendiri mengandung 60% minyak yang kaya akan lipid terutama asam lemak tak jenuh tunggal, asam oleat, asam linoleat, asam palmitat, vitamin, antioksidan, dan senyawa penting lainnya.

Selain untuk masak, avocado oil juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan karena manfaatnya yang luar biasa bagi kulit. Melansir Stylecraze dan PureWow, inilah 4 manfaat avocado oil untuk kulit.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Face Scrub Pria untuk Mengangkat Sel Kulit Mati dan Atasi Kulit Kusam

1. Memperbaiki dan menyembuhkan kulit

Punya masalah kulit gatal, iritasi, atau rusak? Coba pakai avocado oil. Pasalnya, avocado oil memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat memperbaiki serta melindungi organ terbesar pada tubuh yakni epidermis.

Sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam International Journal of Molecular Sciences menemukan bahwa kandungan asam linoleat dan asam oleat dalam avocado oil mampu meningkatkan kolagen yang berdampak pada berkurangnya garis-garis halus dan kerutan serta proses penyembuhan luka yang lebih cepat.

2. Melindungi kulit dari sinar UV

Avocado oil bisa Anda campurkan dengan sunscreen untuk memberikan perlindungan ekstra terhadap sinar UV. Berkat sifat anti-inflamasi dan komponen lemak tak jenuh tunggalnya, avocado oil mampu memberikan lapisan pelindung yang sangat dibutuhkan oleh kulit.

Avocado oil juga mengandung Polyhydroxylated Fatty Alcohols (PFA) yang bermanfaat untuk membantu mengurangi kerusakan dan peradangan kulit akibat sinar UVB, menurut sebuah studi tahun 2010 di Archives of Dermatological Research.

3. Melembabkan kulit

Avocado oil mengandung potassium, vitamin A, D, dan E, serta asam lemak yang mampu bekerja untuk menghidrasi kulit kering atau pecah-pecah.

Adapun komponen lesitin dalam avocado oil tidak hanya dapat mengembalikan hidrasi pada kulit, tetapi juga bisa membantu mengobati kondisi kulit seperti eksim dan psoriasis, menurut sebuah studi tahun 2001 dari Department of Dermatology and Allergology di Ruhr University.

4. Sebagai anti-aging

Sifat anti-inflamasi dan perlindungan UV yang ditawarkan avocado oil dapat mencegah tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus, kerutan, bintik hitam, dan pigmentasi kulit.

Sebuah penelitian mengevaluasi manfaat anti-aging dari krim yang mengandung avocado oil. Hasilnya, krim yang mengandung avocado oil mampu meningkatkan densitas dermis atau lapisan kulit di bawah epidermis.

Baca Juga: 5 Penyebab Kulit Kusam, Ini Cara Mengatasi Kulit Kusam dengan Bantuan Skincare

Cara menggunakan avocado oil untuk kulit

Setelah mengetahui apa saja manfaatnya, berikut beberapa cara menggunakan avocado oil untuk kulit yang bisa Anda ikuti.

1. Sebagai pelembab

Anda dapat menambahkan beberapa tetes avocado oil ke dalam produk pelembab favorit Anda guna menjaga kulit terlihat dan terasa halus.

Bisa juga mencampurkan avocado oil dengan lavender oil untuk mengurangi hiperpigmentasi, tea tree oil untuk membersihkan pori-pori, atau rosehip oil untuk memudarkan bekas jerawat. Tak hanya bermanfaat, pelembab DIY ini juga menawarkan aroma yang harum.

2. Sebagai masker wajah

Kehabisan masker wajah? Anda dapat membuatnya sendiri dengan memanfaatkan avocado oil dan buah alpukat.

Potong dadu satu buah alpukat matang lalu tumbuk sampai menjadi pasta. Selanjutnya, campurkan 1-2 sendok makan avocado oil ke dalam pasta alpukat. Oleskan pasta alpukat ke wajah, biarkan selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

3. Sebagai krim anti-aging

Anda bisa lho membuat krim anti-aging sendiri. Caranya, campurkan ¼ cangkir avocado oil dengan 2 sendok makan minyak kelapa, 2 sendok makan beeswax, ½ sendok teh minyak vitamin E, 1 sendok makan shea butter, dan 1 cangkir air. Setelah tercampur, masukkan ke dalam panci dan panaskan hingga meleleh.

Jika sudah meleleh, masukkan ke dalam wadah atau jar skincare bekas dan biarkan mengeras. Anda dapat menggunakan krim anti-aging ini seukuran koin di area leher, dahi, dan garis senyum pada malam hari sebelum tidur untuk mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan.

4. Sebagai perawatan kulit kepala

Avocado oil yang dipanaskan dapat membantu mengurangi ketombe dan mengatasi gatal pada kulit kepala.

Cukup campurkan 3-5 sendok makan avocado oil dengan ½ cangkir air lalu panaskan. Setelah mendidih, angkat dan biarkan dingin sebelum dioleskan ke kulit kepala Anda. Anda bisa membiarkan avocado oil menempel pada kulit kepala semalaman atau segera membilasnya dengan sampo.

Itulah 4 manfaat avocado oil untuk kulit dan cara menggunakannya. Pastikan untuk memilih avocado oil dengan jenis extra-virgin dan lakukan uji tempel guna menghindari reaksi alergi. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News