Keluarga

5 Manfaat Ginseng untuk Kecantikan Kulit, Salah Satunya Mengurangi Kerutan

5 Manfaat Ginseng untuk Kecantikan Kulit, Salah Satunya Mengurangi Kerutan

MOMSMONEY.ID - Ada 5 manfaat ginseng untuk kecantikan kulit. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Ginseng memang lekat kaitannya dengan Korea Selatan. Meskipun demikian, faktanya ginseng telah digunakan sebagai bagian inti dari pengobatan tradisional di negara-negara Asia Timur selama ribuan tahun.

Biasanya, ginseng dimanfaatkan dalam bentuk akar kering untuk membantu mengobati berbagai penyakit serta digunakan sebagai afrodisiak stimulan dan agen anti-diabetes. Bahan alami legendaris ini juga biasa digunakan untuk mengobati memar, bisul, bengkak, dan luka.

Kaya akan vitamin dan mineral, ginseng dianggap cocok untuk semua jenis kulit. Adapun komponen aktif ginseng bernama ginsenoside diklaim bertanggung jawab untuk merevitalisasi dan mengaktifkan kembali sel-sel kulit. Lebih lanjut, berikut 5 manfaat ginseng untuk kecantikan kulit sebagaimana MomsMoney rangkum dari Greatist.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Sunscreen Powder yang Layak Anda Coba, Aman Buat Touch Up

1. Menyamarkan kerutan dan garis-garis halus

Ginseng dapat membantu menyamarkan tampilan kerutan dan garis-garis halus. Ini karena ginseng mampu meningkatkan sirkulasi di pembuluh darah yang berpotensi meningkatkan sintesis kolagen sekaligus mengencangkan kulit.

Uji klinis pada tahun 2015 yang menggunakan ginseng secara topikal dan tahun 2009 yang menggunakan ginseng merah secara oral menyimpulkan bahwa ekstrak ginseng dapat mengurangi munculnya kerutan.

Menurut penelitian pada tahun 2017, ekstrak ginseng juga mampu meningkatkan hidrasi kulit serta mencegah pembentukan garis-garis halus yang baru.

2. Mengatasi kulit kusam

Layaknya kopi, ginseng menawarkan energi. Untuk alasan itu, ginseng termasuk salah satu bahan paling umum dalam minuman energi.

Dalam hal perawatan kulit, mengoleskan ginseng secara topikal dapat membantu menyegarkan wajah.

Selain itu, mengaplikasikan sedikit ginseng secara topikal pada kulit juga bisa membantu mencerahkan dan mencegah kekusaman.

3. Menjaga keseimbangan minyak

Minyak berlebih rentan membuat kulit wajah terlihat kusam. Kondisi ini juga bisa memicu pertumbuhan jerawat jika tidak ditangani dengan baik.

Berkat sifat antioksidan dan retensi kelembaban yang ada di dalamnya, ginseng dapat Anda manfaatkan untuk membantu menjaga keseimbangan minyak.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Alis Tampak Natural dengan Pensil Alis

4. Meredakan kemerahan

Menurut penelitian pada tahun 2013, ginseng memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi kemerahan, bengkak, dan jerawat.

Bahkan, ginseng juga bisa membantu merawat kondisi kulit tertentu lho. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2018 dan 2011, ekstrak ginseng merah Korea berkhasiat untuk memperbaiki gejala peradangan pada orang yang mengidap eksim.

5. Melindungi kulit dari polusi lingkungan

Sifat antioksidan yang ditemukan dalam ginseng mampu membantu melindungi kulit dari polusi lingkungan.

Itu artinya, ginseng dapat sekaligus mencegah penumpukan kotoran pada pori-pori serta mencegah peningkatan produksi melanosit penyebab hiperpigmentasi dan masalah kulit lainnya.

Sekian informasi tentang 5 manfaat ginseng untuk kecantikan kulit. Selain mengonsumsinya secara oral, Anda juga bisa menggunakan produk skincare berbahan ginseng seperti face wash, sheet mask, eye cream, serum, dan face cream.

Kendati ginseng cocok untuk semua jenis kulit, namun selalu ingat untuk melakukan uji tempel terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan ginseng segar atau skincare berbahan ginseng ke seluruh wajah. Semoga bermanfaat ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News