Bugar

5 Manfaat Daun Binahong yang Tidak Perlu Diragukan Lagi, Bantu Cegah Diabetes

5 Manfaat Daun Binahong yang Tidak Perlu Diragukan Lagi, Bantu Cegah Diabetes

MOMSMONEY.ID - Manfaat daun binahong tidak perlu diragukan lagi. Daun binahong dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit kronis, termasuk mencegah diabetes.

Bahkan, hampir seluruh bagian tumbuhan binahong bisa dimanfaatkan dalam terapi herbal. Manfaat daun binahong bagi kesehatan sangatlah banyak.

Mengutip Web MD, berikut manfaat daun binahong yang tidak perlu diragukan lagi, antara lain: 

Baca Juga: Bisa Dicoba! Ini Rekomendasi Jamu yang Baik untuk Kesehatan Wanita

1. Mencegah diabetes

Manfaat daun binahong yang pertama adalah sebagai obat diabetes. Semua itu berkat senyawa aktif flavonoid di dalam daun binahong.

Penelitian menunjukkan manfaat daun binahong dalam menurunkan kadar gula darah serta mencegah kerusakan sel beta di pankreas yang terjadi akibat diabetes.

2. Menyembuhkan sakit perut

Manfaat daun binahong yang kedua adalah menyembuhkan sakit perut. Telat makan atau tidak makan tepat waktu dapat menyebabkan sakit perut.

Hal tersebut juga dapat menyebabkan sistem pencernaan tidak bekerja tepat waktu. Kondisi seperti ini dapat diatasi dengan meminum minuman herbal dari daun binahong.  

3. Meningkatkan fungsi ginjal

Manfaat daun binahong yang ketiga adalah meningkatkan fungsi ginjal. Tingginya level serum kreatinin dan urea dalam tubuh bisa menandakan melemahnya fungsi ginjal.

Ekstrak daun binahong diduga bermanfaat dalam meningkatkan fungsi ginjal dengan cara menurunkan level serum kreatinin

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Andrographis Paniculata Jika Dikonsumsi Secara Rutin 

4. Mengobati asam urat

Manfaat daun binahong yang keempat adalah mengobati asam urat. Manfaat daun binahong sebagai obat asam urat telah didukung oleh banyak penelitian.

Manfaat ini diduga berasal dari kandungan flavonoid yang dapat menghambat pembentukan asam urat, sehingga dapat mencegah dan mengurangi risiko serangan asam urat.

5. Meningkatkan tekanan darah

Manfaat daun binahong yang terakhir adalah meningkatkan tekanan darah. Tekanan darah rendah akan membuat tubuh menjadi lesu.

Maka itu, orang yang memiliki masalah tekanan darah rendah harus mengatasinya dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung mineral.

Salah satunya yaitu ramuan yang terbuat dari daun binahong. Ambil delapan lembar daun binahong dan rebus dalam dua gelas air. Pastikan Anda meminumnya sekali sehari.

Itulah beberapa manfaat daun binahong yang sudah tidak diragukan lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News