5 Manfaat Cabe Rawit untuk Kesehatan yang Bisa Anda Rasakan

Reporter: Helvana Yulian
Minggu, 14 Agustus 2022 | 07:55 WIB
5 Manfaat Cabe Rawit untuk Kesehatan yang Bisa Anda Rasakan


MOMSMONEY.ID - Cabe adalah bahan makanan yang masih satu keluarga dengan paprika dan tomat, lebih tepatnya di bawah genus Capsicum. 

Ternyata cabe dan tumbuhan di genus Capsicum lainnya masuk ke dalam kategori buah, bukan sayuran, dikutip dai Healthline.

Pecinta cabe rawit rasanya tak puas jika harus makan tanpa ada sensasi pedas. Terlebih, secara medis cabe rawit telah lama digunakan sebagai bagian dari pengobatan alternatif atau herbal.

Manfaat cabe rawit beragam, mulai dari menurunkan tekanan darah hingga menekan rasa lapar. Namun, jangan berlebihan mengonsumsi cabe rawit karena dapat menyebabkan sakit perut.

Baca Juga: Moms, Ini 5 Manfaat Labu Kuning untuk MPASI yang Perlu Anda Tahu

Orang yang mengonsumsi obat pengendali tekanan darah juga sebaiknya berkonsultasi dulu sebelum makan cabe rawit dalam jumlah banyak. 

Jika dikonsumsi sewajarnya, manfaat cabe yang dikonsumsi secar wajar baik untuk kesehatan tubuh seperti dilansir dari Mayo Clinic, antara lain: 

Potensi meredakan nyeri

Capsaicin memiliki kemampuan meredakan nyeri apabila diaplikasikan langsung ke kulit. Ini terjadi karena capsaicin mereduksi substansi P, molekul protein kecil yang memberi sinyal rasa sakit ke otak. 

Semakin sedikit substansi P diproduksi, sinyal rasa sakit tak bisa lagi sampai ke otak, dikutip dari WebMD.

Mengatasi hidung tersumbat

Konsumsi makanan yang mengandung cabe dapat membantu melegakan hidung tersumbat. Tapi, jangan mengonsumsinya secara berlebihan jika tidak ingin sakit perut dan mengalami diare. 

Baca Juga: Kenali 4 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan dan Perkembangan Otak Anak

Potensi redakan risiko kanker

Kandungan capsaicin dalam cabe rawit dapat menurunkan risiko terjadinya kanker. Substansi ini dapat membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Bahkan, sel kanker yang dapat dilawan dalam kasus ini adalah kanker prostat, pankreas, dan kulit. 

Manfaat cabai untuk penurunan berat badan

Manfaat selanjutnya dari cabai adalah membantu menurunkan berat badan Anda. Jika Anda berencana untuk diet, jangan lupa masukkan cabe ke dalam menu harian Anda.

Ini karena zat capsaicin dalam cabe diyakini dapat membakar lemak dan energi tubuh lebih cepat.  

Selain itu, penelitian dari Journal of Appetite menunjukkan bahwa asupan 2 miligram capsaicin per hari selama 12 minggu dapat membantu mengecilkan lingkar pinggang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER