Keluarga

5 Makanan yang Mudah Dicerna Lansia, Kini Tak Khawatir Lagi Terkena Sembelit

5 Makanan yang Mudah Dicerna Lansia, Kini Tak Khawatir Lagi Terkena Sembelit

MOMSMONEY.ID - Salah satu alasan mengapa lansia butuh makanan yang mudah dicerna adalah, karena menghindari sembelit akibat proses buang air besar yang sulit.

Sebenarnya, cukup banyak makanan yang pantang dikonsumsi oleh lansia. Selain karena khawatir kolesterol naik, lansia juga cenderung menghindari makanan yang keras.

Ini sebabnya, lansia butuh makanan yang mudah dicerna, lembut, serta tak membuat kolesterol naik.

Berikut MomsMoney merangkum beberapa jenis makanan yang mudah dicerna, terutama bagi lansia, dari laman Times of India dan Medical News Today:

Baca Juga: All New Limo Pizza dengan 6 Rasa Baru di Promo Pizza Hut Terbaru Mulai Oktober 2022

Ikan

Ikan adalah salah satu makanan yang mudah dicerna lansia. Ini karena ikan memiliki asam lemak omega-3 yang punya beragam manfaat.

Kehadiran asam lemak pada ikan membantu mempercepat proses metabolisme tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh, dan membantu mengurangi kolesterol jahat.

Selain itu, protein pada ikan juga membantu memberikan rasa kenyang yang lama.

Baca Juga: 5 Cara Ketahui Tingkat Kematangan Ayam Saat Dimasak, Ayam Jadi Matang Sempurna

Yogurt

Yogurt tawar

Makanan atau minuman yang mudah dicerna biasanya merupakan makanan yang dapat memperlancar proses pencernaan. Makanan ini adalah yogurt. Yogurt lebih mudah dicerna dibandingkan susu.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Buah Mangga yang Manis dan Matang saat Musim Panen Tiba

Telur

Telur jadi salah satu jenis makanan yang mudah dicerna lansia. Ini karena telur mengandung 13 nutrisi penting, termasuk vitamin D dan omega-3 yang memberikan rasa kenyang dan memastikan tulang & otot tetap kuat.

Sebagai makanan yang mudah dicerna lansia, telur sangat mudah dikreasikan menjadi berbagai jenis makanan seperti telur rebus, telur dadar, dll.

Baca Juga: Tips Rahasia Bikin Tepung Panir Awet Menempel dan Tidak Rontok Saat Digoreng

Ubi jalar

Jangan lupakan ubi jalar dalam hal yang satu ini! Ubi jalar menjadi makanan yang mudah dicerna lansia karena ubi jalar menyediakan serat larut yang lebih mudah dicerna daripada serat tak larut.

Serat larut mampu meningkatkan bakteri baik di usus dan berkontribusi pada sistem pencernaan yang sehat sehingga mudah dicerna lansia.

Makanan ini juga mengandung potassium, yakni kandungan elektrolit yang hilang ketika sistem pencernaan sedang terganggu.

Gelatin

Gelatin adalah makanan yang mudah dicerna lansia. Gelatin sering disajikan di banyak rumah sakit sebagai makanan yang dikonsumsi pasca operasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News