Keluarga

5 Makanan yang Mampu Perkuat Tulang Wanita Akibat Kehamilan dan Persalinan

5 Makanan yang Mampu Perkuat Tulang Wanita Akibat Kehamilan dan Persalinan

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa jenis makanan yang mampu perkuat tulang wanita.

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa wanita masih membutuhkan makanan yang mampu perkuat tulang? Untuk tahu jawabannya, simak artikel berikut ini.

Orang dewasa memiliki jumlah tulang sebanyak 206, sementara bayi memiliki 300 tulang yang seiring berjalannya waktu akan merekat satu persatu menjadi lebih sedikit.

Kekuatan tulang pada bayi dan anak-anak tentu berpengaruh besar bagi pertumbuhannya. Lantas, mengapa wanita juga masih memerlukan makanan yang mampu perkuat tulang?

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk yang Mempercepat Pengeroposan Tulang di Usia Paruh Baya

Osteoporosis

Melansir dari Star Health, jawabannya adalah karena wanita memiliki banyak tahapan kehidupan yang unik dan dapat berdampak pada kesehatan tulang wanita. Pubertas, kehamilan, persalinan, dan menopause bisa memengaruhi kesehatan mental dan fisik wanita, termasuk tulang.

Perubahan gaya hidup, kebiasaan makan, obat-obatan, dan kondisi kesehatan juga dapat menyebabkan kelemahan tulang. Osteoporosis adalah salah satu penyakit umum yang menyerang wanita dibandingkan pria.

Untuk dapat mencegah terjadinya pelemahan hingga pengeroposan tulang, berikut telah Momsmoney rangkum sederet makanan yang mampu perkuat tulang wanita. Mengutip dari laman First Cry, Everyday Health, dan Star Health, ini dia selengkapnya:

Baca Juga: Kurang Kalsium? Ini 5 Makanan yang Mengandung Kalsium Lebih Tinggi dari Susu

Susu

Salah satu jenis makanan yang mampu perkuat tulang wanita adalah susu. Seperti yang kita ketahui, susu merupakan pilihan tepat untuk meningkatkan kadar kalsium dalam tubuh.

Tak hanya itu, susu juga mengandung vitamin D, fosfor, dan protein yang bermanfaat bagi pertumbuhan tulang secara alami. Dua gelas susu sehari sudah cukup untuk mendapatkan kalsium yang dibutuhkan tulang, agar lebih kuat dan sehat.

Baca Juga: 6 Tips Tetap Sehat Setelah Mengonsumsi Gorengan, Tetap Bisa Makan Sepuasnya!

Kacang-kacangan

Kacang adalah makanan yang mampu perkuat tulang wanita. Kacang mengandung beberapa kalsium, tetapi juga menawarkan dua nutrisi lain yang penting untuk kesehatan tulang: magnesium dan fosfor.

Magnesium membantu Anda menyerap dan mempertahankan kalsium dalam tulang, kata Sandy Allonen, ahli diet di Beth Israel Deaconess Medical Center di Boston.

Sementara fosfor adalah komponen kunci tulang — kira-kira 85% fosfor dalam tubuh Anda dapat ditemukan di tulang dan gigi Anda, menurut NIH (National Institutes of Health) yang dilansir dari Everyday Health.

Ada banyak jenis kacang yang bisa dipilih, termasuk kenari, kacang tanah, dan pecan. Tetapi, Allonen menyarankan, agar kacang almond selalu menjadi pilihan.

Satu ons (segenggam kecil) almond merupakan sumber magnesium yang baik dan menyediakan beberapa fosfor, menurut USDA.

Baca Juga: Moms Wajib Simak! Ini 5 Cara Efektif Atur Pola Makan di Usia 40 Tahun ke atas

Sayuran hijau

Makanan Sehat 4 Sehat 5 Sempurna: Sayuran, Daging, Buah-buahan, hingga susu

Makanan yang mampu perkuat tulang wanita adalah sayuran hijau seperti bayam, kangkung, arugula, selada, kale, dan lobak.

Jenis-jenis sayuran hijau ini dianggap sebagai makanan vegetarian yang sangat baik untuk perkuat tulang. Di dalamnya terdapat sumber kalsium, antioksidan, vitamin C, dan vitamin K.

Disarankan untuk mengonsumsi @ 3 cup sayuran hijau dari jenis yang berbeda-beda setiap harinya untuk dapat perkuat tulang Anda.

Baca Juga: Mengenal 6 Jenis Gerakan Stretching untuk Meregangkan Otot dan Sendi

Ikan

Makanan yang mampu perkuat tulang wanita salah satunya adalah ikan. Ikan, terutama ikan jenis sarden, tuna, lele, dan salmon sangat kaya akan vitamin D yang membantu penyerapan kalsium.

Jenis ikan ini juga meningkatkan mineralisasi tulang yang semakin membuat tulang jadi kuat dan tak mudah rapuh.

Pada wanita, sangat disarankan mengonsumsi 3 ons ikan per hari.

Baca Juga: Pusing Setelah Makan Daging? Ini Cara Perbaiki Pola Makan Akibat Kolesterol

Sereal dan jus

Jika tubuh Anda tidak dapat mentolerir susu, maka opsi sereal dan jus merupakan kombinasi terbaik makanan yang mampu perkuat tulang wanita.

Sereal dan jus diperkaya kalsium dan vitamin D untuk mengisi kekosongan akibat tak bisa mengonsumsi susu sapi. Malah, sereal dan jus dapat memberikan jumlah kalsium yang lebih tinggi daripada sayuran hijau seperti kangkung, kata Planells.

Kombinasi ini bisa menjadi penambah kadar kalsium yang hebat. Semangkuk sereal dan segelas jus bisa dinikmati saat sarapan setiap harinya.

Itulah beberapa jenis makanan yang mampu perkuat tulang wanita. Jadi, jangan ragu untuk konsumsi beberapa jenis makanan di atas agar tulangmu kuat dan tak terkena osteoporosis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News