HOME, Bugar

5 Makanan untuk Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal Saat Berpuasa

5 Makanan untuk Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal Saat Berpuasa

MOMSMONEY.ID - Darah tinggi atau hipertensi memang bukanlah penyakit menular, tetapi di negara kita angka penyakit ini terbilang mengkhawatirkan. 

Menurut data Kementerian Kesehatan (2016), setidaknya terdapat 63 juta kasus darah tinggi yang menimbulkan kematian sebanyak 427.000.  

Menurut National Heart Foundation of Australia, disebutkan salah satu langkah termudah yang bisa dilakukan untuk menjaga tekanan darah normal adalah mengonsumsi makanan sehat.   

Dengan memulai beberapa kebiasaan pola makanan yang sehat dapat memberikan perubahan pada tekanan darah Anda.

Baca Juga: 5 Makanan yang Bisa Meningkatkan Imunitas Saat Berpuasa

Ini termasuk menghitung kalori dan memperhatikan ukuran porsi, sehingga dapat membuat tekanan darah lebih stabil.  

Dirangkum dari Everyday Health dan National Institutes of Health, berikut ini lima makanan sehat untuk menjaga tekanan darah tetap normal, antara lain:  

1. Mentimun

Makanan sehat untuk menjaga tekanan darah tetap normal yang pertama adalah Mentimun. Mentimun banyak mengandung kalium.

Kalium ini merupakan elektrolit yang membantu mengatur jumlah natrium (kandungan dalam garam) yang ditahan oleh ginjal.  

Dengan kata lain, kalium bertanggung jawab atas terkontrolnya tekanan darah seseorang. Nutrisi-nutrisi ini dibutuhkan tubuh untuk mengontrol atau menurunkan tekanan darah.   

Tak hanya itu saja, mentimun juga kaya  vitamin C, kalium, dan antioksidan, seperti karotenoid dan tokoferol.  

2. Susu skim dan yoghurt

Makanan sehat untuk menjaga tekanan darah tetap normal yang kedua adalah susu skim dan yogurt. Susu skim merupakan sumber kalsium yang sangat baik dan rendah lemak.

Menurut American Heart Association, wanita yang mengonsumsi lima porsi atau lebih yoghurt dalam seminggu, mengalami pengurangan 20 persen risiko terkena tekanan darah tinggi.  

3. Sayuran hijau

Makanan sehat untuk menjaga tekanan darah tetap normal yang ketiga adalah sayuran hijau. Sayuran hijau merupakan makanan untuk menurunkan tekanan darah yang bisa Anda coba. 

Sayuran hijau kaya kalium juga membantu ginjal untuk menyingkirkan natrium melalui urine. Hal ini bisa membantu menurunkan tekanan darah dan membuatnya lebih stabil.  

Baca Juga: 5 Masalah Kesehatan yang Kerap Muncul Saat Berpuasa

4. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Makanan sehat untuk menjaga tekanan darah tetap normal yang keempat adalah kacang-kacangan. Kacang dan biji-bijian sangat lezat dan bergizi.

Kacang-kacangan dan biji-bijian menyediakan lemak, protein, vitamin, dan mineral tak jenuh yang sehat. Cobalah untuk menyertakan kombinasi ini sebagai sajian makanan setiap hari.  

5. Buah

Makanan sehat untuk menjaga tekanan darah tetap normal yang kelima adalah mengonsumsi buah-buahan. Tambahkan buah dalam asupan harian. 

Seperti halnya sayuran, buah adalah sumber kaya kalium, magnesium, dan serat. Contohnya, buah beri ke dalam sajian yoghurt yang disertai dengan kacang-kacangan.   

Kombinasi ini dapat menjadi makanan selingan ataupun camilan sebelum menyantap makan siang atau makan malam. 

Hindari buah kalengan yang umumnya sudah ditambah dengan garam ataupun gula.

Itulah beberapa makanan sehat yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga tekanan darah tetap normal selama berpuasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News