HOME, Bugar

5 Masalah Kesehatan yang Kerap Muncul Saat Berpuasa

5 Masalah Kesehatan yang Kerap Muncul Saat Berpuasa

MOMSMONEY.ID - Salah satu syarat untuk menjalankan puasa adalah badan yang sehat. Bagi seseorang yang jatuh sakit, maka orang tersebut diperbolehkan untuk membatalkan puasanya.

Batal puasa seringkali dipicu oleh kambuhnya suatu penyakit. Karena alasan ini, orang dengan kondisi tertentu kerap khawatir saat ingin menjalankan puasa.

Meski begitu, seseorang yang mengidap penyakit tetap boleh berpuasa apabila penyakitnya sedang terkontrol dan kondisi kesehatannya sedang stabil.

Kuncinya adalah menerapkan pola makan dan gaya hidup yang sehat serta tetap memantau penyakitnya secara berkala. 

Baca Juga: Jangan Dianggap Sepele, 4 Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil Sangat Luar Biasa

Dilansir dari Mayo Clinic, berikut adalah beberapa masalah kesehatan yang kerap muncul saat berpuasa, antara lain:

1. Dehidrasi

Masalah kesehatan yang kerap muncul saat berpuasa pertama adalah dehidrasi. Masalah kesehatan yang satu ini juga rentan terjadi saat puasa, terlebih jika kebutuhan cairan tidak terpenuhi.

Dehidrasi umumnya ditandai dengan munculnya rasa haus, kepala terasa pusing, sulit berkonsentrasi, napas pendek, jantung berdebar, denyut nadi melemah, tidak buang air kecil selama lebih dari delapan jam, hingga hilangnya kesadaran. 

2. Sembelit

Masalah kesehatan yang kerap muncul saat berpuasa kedua adalah sembelit. Sembelit atau konstipasi saat puasa bisa disebabkan oleh konsumsi makanan yang rendah serat.

Anda bisa mencegahnya dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayuran. Serat dapat bantu melancarkan sistem pencernaan, mencegah konstipasi, bahkan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. 

3. Penyakit maag

Masalah kesehatan yang kerap muncul saat berpuasa ketiga adalah penyakit maag. Sakit mag adalah salah satu penyakit yang paling sering dialami oleh umat Muslim ketika sedang berpuasa.

Peradangan di permukaan dalam lambung ini terjadi karena lambung kosong terlalu lama saat berpuasa, sehingga terjadi peningkatan asam lambung yang dapat mengiritasi mukosa (dinding dalam lambung).

4. Sakit kepala

Masalah kesehatan yang kerap muncul saat berpuasa keempat adalah sakit kepala. Sakit kepala selama berpuasa bisa disebabkan karena dehidrasi, rasa lapar, dan kurangnya istirahat.

Oleh sebab itu, Anda bisa mencegah sakit kepala dengan tidak melewatkan sahur, memenuhi kebutuhan cairan tubuh, membatasi konsumsi kafein, dan istirahat yang cukup.

Baca Juga: 5 Tips Aman Berpuasa untuk Ibu Hamil yang Bisa Anda Coba

5. Hipertensi

Masalah kesehatan yang kerap muncul saat berpuasa kelima adalah hipertensi. Jika Anda mengidap tekanan darah tinggi dan ingin berpuasa, coba bicara pada dokter terlebih dahulu.

Sebab, dokter akan meresepkan obat yang bisa Anda konsumsi selama berpuasa untuk mencegah munculnya gejala.

Selama kondisi ini tidak menimbulkan komplikasi, pengidap hipertensi umumnya diperbolehkan untuk berpuasa. 

Dengan mengetahui berbagai masalah kesehatan yang sering terjadi saat berpuasa, Anda dapat melakukan pencegahan supaya hal ini tidak mengganggu ibadah dan aktivitas Anda saat puasa Ramadan.

Jangan lupa untuk memprioritaskan pola makan sehat saat saur dan berbuka, berolahraga secara rutin, dan istirahat cukup agar puasa Anda berjalan lancar tanpa terhambat oleh penyakit apa pun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News