HOME, Bugar

5 Makanan Penetralisir Usai Makan Daging Kambing saat Idul Adha

5 Makanan Penetralisir Usai Makan Daging Kambing saat Idul Adha

MOMSMONEY.ID - Masakan berbahan daging kambing bertebaran di momen tahunan Idul Adha, seperti makan sate, gulai, semur atau tongseng yang sayang untuk dilewatkan. Namun ketakutan sering menghantui penikmat daging kambing, apalagi yang usianya sudah di atas 40 tahun.

Mengonsumsinya secara berlebihan, bagi sebagian orang bisa menimbulkan efek negatif bagi kesehatan tubuh. Kandungan lemak jenuh yang terdapat pada daging kambing juga bisa meningkatkan risiko pada pembuluh darah dan jantung.

Karena itu, dalam mengonsumsi daging kambing perlu ada pembatasan yang sesuai dengan usia, berat badan, jenis kelamin, dan tentu menyesuaikan dengan kondisi kesehatan. Yang pasti, jangan berlebihan dalam mengonsumsi daging kambing saat momen qurban.  

Tapi jangan khawatir saat Anda lalai dengan santapan daging qurban. Anda bisa menetralisir daging qurban yang larut dalam tubuh dengan beberapa makanan berikut.

Inilah 5 makanan penetralisir usai makan daging kambing saat Idul Adha, dikutip dari healthline.

Baca Juga: Risiko Makan Daging Kambing Berlebihan Saat Momen Idul Adha

1. Minus jus jeruk

Jus jeruk selain menyegarkan ternyata juga sangat ampuh dijadikan sebagai penawar dari efek negatif daging kambing namun yang perlu diperhatikan seperti jus jeruk tersebut tanpa dicampur oleh gula agar berfungsi sebagai penurun kolesterol. 

2. Tomat

Buah ini juga sangat ampuh dijadikan sebagai penawar efek negatif dari makan daging kambing karena tomat mengandung likopen yang berfungsi sebagai penurun kolesterol. 

3. Acar

Sebagai penyeimbang naiknya kolesterol akibat makan daging kambing, bisa memakan acar yang terdiri dari mentimun, bawang merah dan wortel karena acar mengandung asam amino belerang yang sangat berguna untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) serta menaikkan kolesterol baik (HDL).

Baca Juga: 5 Manfaat Mengonsumsi Air Putih yang Cukup untuk Kesehatan Tubuh

4. Minum teh

Salah satu alternatif untuk menetralisir efek negatif setelah makan daging kambing dengan meminum teh tawar panas yang mengandung katekin atau teh hijau.

5. Buah-buahan

Setelah makan daging kambing agar tidak menimbulkan efek negatif pada kesehatan salah satu alternatif menetralisirnya adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan. Buaha-buahan yang baik dijadikan sebagai penawar antara lain pisang, semangka, jeruk dan alpukat.

Moms, meskipun ini adalah momen untuk menikmati olahan daging kambing, jangan melupakan kesehatan. Konsumsi daging kambing secukupnya dan jangan lupa konsumsi 5 makanan penetralisir usai makan daging kambing saat idul adha

Selanjutnya: Resep Gulai Rebung, Kreasi Gulai Selezat Gulai Kambing

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News