HOME, Keluarga

5 Kesalahan yang Umum Dilakukan Saat Menyetrika Baju, Yuk Hindari

5 Kesalahan yang Umum Dilakukan Saat Menyetrika Baju, Yuk Hindari

MOMSMONEY.ID - Setelah mencuci baju, langkah yang wajib dilakukan adalah menyetrikanya sehingga baju kembali halus dan siap dikenakan.

Sama seperti mencuci baju, menyetrika baju kelihatannya sangat mudah untuk dilakukan. Namun, ada beberapa kesalahan sederhana yang bisa terjadi saat Anda menyetrika baju, sehingga baju tidak mulus secara maksimal. Tak hanya itu, setrika pun bisa rusak bila Anda tidak menggunakannya dengan benar.

Nah, kira-kira apa saja kesalahan yang harus dihindari saat menyetrika baju? Dilansir dari The Spruce dan Good Housekeeping, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Inspirasi Interior Rumah Minimalis ala Korea, Dijamin Suka!

Menyetrika baju yang terlalu kering

Baju yang disetrika saat masih kering bisa membuat proses menyetrika lebih sulit, karena lipatan kusut pada baju sulit halus.

Solusinya, basahi baju secara merata dengan cairan pelicin, diamkan sebentar, kemudian setrika seperti biasa. Baju Anda pun akan langsung terlihat halus dengan segera.

Tidak membersihkan setrika

Saat membersihkan peralatan rumah tangga, mungkin Anda tidak pernah terpikir untuk membersihkan setrika. Padahal, permukaan setrika yang penuh dengan residu baju dan cairan pelicin bisa menjadi lengket dan menghambat proses menyetrika.

Jadi, Anda perlu membersihkan pelat setrika secara rutin untuk menghindari residu yang menumpuk. Anda bisa membersihkan pelat setrika dengan menggunakan cara ini.

Tidak menggunakan alas setrika yang tepat

Alas setrika berfungsi untuk membantu Anda menyetrika baju dengan mudah. Pilihlah alas setrika dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan Anda, sehingga kegiatan menyetrika Anda bisa lebih cepat dan mudah.

Selain itu, jangan lupa untuk memeriksa alas setrika secara rutin untuk memastikan alas setrika Anda masih dalam kondisi baik. Segera ganti alas setrika jika ada lubang atau permukaan yang tidak rata.

Baca Juga: Jangan Salah Pakai, Ini Bedanya Cat Interior dan Eksterior

Menyetrika baju tebal terlebih dahulu

Saat menyetrika baju, terkadang kita mengabaikan jenis kainnya dan menyetrika dengan urutan yang asal-asalan, misalnya menyetrika baju tebal terlebih dahulu. Padahal, kebiasaan ini sebenarnya tidak dianjurkan.

Ketika menyetrika, sebaiknya Anda memulai dengan baju berbahan tipis dan lembut terlebih dahulu. Sebab, tingkat panas pada setrika masih rendah sehingga risiko baju terbakar lebih minim. Setelah baju tipis selesai disetrika, Anda bisa melanjutkan menyetrika baju yang lebih tebal.

Mendiamkan air di setrika uap

Setrika uap menggunakan air yang disimpan dalam tangki khusus untuk memproduksi uap yang membantu proses menyetrika. Tangki air ini terkadang dibiarkan terisi air begitu saja setelah proses menyetrika selesai.

Hal ini sebenarnya bisa membuat air merembes ke bagian dalam setrika dan merusak komponen-komponennya. Jadi, lebih baik Anda mengosongkan tangki air di setrika uap setelah selesai menyetrika.

Nah, itulah beberapa kesalahan yang umum dilakukan saat menyetrika baju. Apakah Anda pernah melakukan kesalahan-kesalahan di atas? Jika ya, yuk hindari mulai saat ini!

Selanjutnya: 10 Alat Kebersihan Rumah Tangga Ini Wajib Punya, Apa Saja?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News