HOME, Keluarga

10 Alat Kebersihan Rumah Tangga Ini Wajib Punya, Apa Saja?

10 Alat Kebersihan Rumah Tangga Ini Wajib Punya, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Membersihkan rumah sudah menjadi kegiatan rumah tangga yang esensial. Tujuannya tentu saja untuk membuat rumah terlihat bersih, sehingga nyaman ditempati oleh penghuninya.

Untuk mengoptimalkan kegiatan bersih-bersih rumah, tentu Anda harus didukung dengan peralatan yang memadai. Peralatan kebersihan tersebut umumnya harus bersifat serbaguna dan tahan lama, supaya Anda tak perlu sering mengganti alat tersebut.

Nah, apa sajakah alat kebersihan rumah tangga yang wajib dimiliki? Dilansir dari Apartment Therapy dan bhg.com, berikut rekomendasinya untuk Anda.

Baca Juga: Inspirasi Interior Rumah Minimalis ala Korea, Dijamin Suka!

Sapu dan pengki

Alat yang satu ini memang merupakan peralatan rumah tangga dasar. Fungsinya, tentu saja untuk menyapu lantai dari debu dan kotoran. Untuk permukaan kecil, Anda bisa menggunakan sapu dan pengki kecil yang mudah dibawa-bawa.

Pel

Supaya permukaan lantai tetap kinclong, Anda perlu menggunakan pel. Alat yang satu ini juga bisa membantu membersihkan cairan yang tumpah di lantai tanpa repot. Anda bisa menggunakan alat pel model konvensional, atau gunakan alat pel modern seperti spray mop.

Kemoceng

Alat yang satu ini berguna untuk membersihkan debu dari furnitur, tembok, dan permukaan lainnya. Tersedia dalam berbagai bahan dan ukuran, Anda bisa memilih kemoceng dengan bentuk yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda.

Sikat

Jika Anda butuh menggosok noda bandel pada permukaan seperti keramik dapur atau kamar mandi, sikat bisa menjadi alat yang sangat membantu. Untuk membersihkan celah-celah kecil yang sulit dijangkau dengan sikat biasa, Anda bisa menggunakan sikat gigi bekas.

Baca Juga: Ide Desain Dapur Terbuka yang Lapang dan Menyegarkan

Spons

Alat yang satu ini memang dikenal berguna untuk membersihkan peralatan makan dan peralatan dapur. Tak hanya itu, beberapa spons juga didesain untuk membersihkan permukaan dengan noda membandel, misalnya keramik dapur.

Wiper karet

Wiper karet atau squegee berguna untuk mengeringkan kaca dan permukaan lainnya dengan cepat. Tergantung kebutuhan, Anda bisa menggunakan wiper karet dengan gagang pendek atau panjang.

Kain lap

Barang yang satu ini sangat serbaguna dalam mengelap, mengeringkan, dan membersihkan beragam permukaan di rumah. Siapkan stok kain lap dalam jumlah yang cukup supaya pas untuk kebutuhan Anda. Kain lap sendiri bisa terbuat dari kain handuk, kain bekas pakaian, atau microfiber.

Ember

Selain menyimpan beragam alat kebersihan, ember juga bisa digunakan untuk mencuci barang kecil, membawa cucian, dan menampung air saat mengepel. Pilihlah ember kecil supaya mudah dibawa-bawa di rumah.

Botol semprot

Adakalanya Anda perlu menggunakan air untuk mengelap atau membersihkan suatu permukaan. Supaya tidak terlalu basah, Anda bisa menggunakan botol semprot untuk menyemprotkan air secara halus. Botol semprot juga bisa digunakan untuk menyimpan cairan pembersih buatan sendiri.

Vacuum cleaner

Yang satu ini memang opsional, tapi sudah terbukti sangat membantu pekerjaan rumah tangga. Vacuum cleaner bisa membantu menyedot debu dan kotoran di rumah dengan tuntas. Bahkan, ada beberapa tipe vacuum cleaner yang dilengkapi fungsi pel sehingga lantai rumah kinclong dalam sekejap.

Selanjutnya: Hati-Hati, Hindari Kesalahan Ini Saat Mencuci Baju dengan Tangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News