HOME, Keluarga

5 Kesalahan Saat Mendekorasi Ruang Keluarga yang Perlu Dihindari

5 Kesalahan Saat Mendekorasi Ruang Keluarga yang Perlu Dihindari

MOMSMONEY.ID - Ruang keluarga merupakan salah satu area yang digunakan bersama-sama oleh penghuni suatu rumah.

Oleh karena itu, ruang keluarga perlu didekorasi dan ditata sebaik mungkin supaya nyaman digunakan oleh seluruh penghuni rumah.

Sayangnya, beberapa orang kadang melakukan kesalahan-kesalahan tertentu dalam mendekorasi ruang keluarga, sehingga ruang keluarga tidak terlihat cantik sebagaimana mestinya.

Kesalahan apa sajakah yang dimaksud? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga: Bikin Rumah Terlihat Berkelas, Kenali Gaya Interior Rumah Klasik

Tidak merencanakan letak furnitur dan dekorasi

Dilansir dari Livspace, salah satu kesalahan yang sering terjadi saat mendekorasi ruang keluarga adalah meletakkan furnitur dan dekorasi begitu saja tanpa perencanaan.

Hal ini bisa membuat ruang keluarga terasa kosong dan tidak teratur. Untuk mengatasinya, perhatikan area ruang keluarga Anda dan rencanakan seperti apa penempatan setiap furnitur dan dekorasi.

Lalu, pastikan ruang keluarga ditata dengan baik supaya enak dipandang dari segala sisi ketika Anda duduk.

Dekorasi yang terlalu minimalis

Interior rumah yang minimalis memang tengah digemari. Namun, hal ini bukan berarti Anda harus membiarkan ruang keluarga kosong dengan warna netral tanpa dekorasi sedikit pun.

Inti dari gaya minimalis adalah menghadirkan interior ruangan yang rapi dan bersih tanpa dekorasi yang berlebihan. Jadi, Anda bisa menambahkan dekorasi secukupnya, lalu tambahkan sedikit warna mencolok pada ruang keluarga sebagai aksen yang menarik perhatian.

Baca Juga: Rekomendasi Warna Kamar Tidur Menurut Feng Shui, Bikin Kalem!

Menggunakan satu sumber pencahayaan

Melansir Homes and Gardens, salah satu kesalahan yang sering dilakukan saat mendekorasi ruang keluarga adalah tidak mempertimbangkan pencahayaan di ruangan tersebut.

Akhirnya, banyak yang menggunakan satu sumber pencahayaan saja, misalnya lampu di plafon. Padahal, ini dapat membuat ruang keluarga terlihat dingin.

Solusinya, tempatkan beberapa sumber pencahayaan seperti lampu meja, lampu berdiri, hingga jendela atau skylight. Teknik ini dinamakan lighting layering dan akan membuat pencahayaan di ruang keluarga menjad optimal.

Baca Juga: Mengenal Gaya Taman Rumah yang Populer Digunakan, Ada Favorit Anda?

Menggunakan terlalu banyak furnitur besar

Banyak orang yang beranggapan ruang keluarga memerlukan furnitur berukuran besar supaya dapat memuat seluruh keluarga. Kenyataannya, terlalu banyak furnitur besar akan membuat ruang keluarga terasa sempit.

Untuk mengatasinya, Apartment Therapy menyarankan Anda untuk menggunakan satu-dua furnitur berukuran besar saja, misalnya sofa. Hal ini akan membuat ruang keluarga terasa lebih lega dan lapang.

Menggunakan furnitur yang salah

Dalam menentukan furnitur yang akan digunakan di ruang keluarga, kadang orang-orang lebih memilih desain daripada fungsinya. Contohnya, memilih meja ruang keluarga hanya karena terlihat cantik.

Dikutip dari My Domaine, Anda perlu memilih furnitur dengan desain yang sesuai dengan kebutuhan Anda, misalnya meja yang dilengkapi laci atau kompartemen untuk menyimpan barang-barang kecil di rumah.

Selain itu, Anda juga tidak harus menggunakan satu set furnitur sekaligus demi menciptakan tampilan ruang keluarga yang serasi. Hal ini justru akan membuat ruang keluarga terlihat datar dan membosankan.

Itulah beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat mendekorasi ruang keluarga. Yuk, hindari kesalahan-kesalahan tersebut supaya ruang keluarga Anda selalu tampil cantik!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News