Keluarga

5 Kandungan Skincare yang Aman untuk Mengatasi Jerawat Anak Remaja

5 Kandungan Skincare yang Aman untuk Mengatasi Jerawat Anak Remaja

MOMSMONEY.ID - Berikut MomsMoney paparkan 5 kandungan skincare yang aman untuk mengatasi jerawat anak remaja.

Jerawat merupakan bagian normal dari pertumbuhan anak remaja. Meskipun umum terjadi, namun kemunculan jerawat bisa memengaruhi kepercayaan diri dan harga diri anak remaja.

Alih-alih dibiarkan, baiknya jerawat segera diatasi dengan menggunakan produk perawatan kulit yang tentunya aman untuk kulit anak remaja. Dilansir dari Green People, inilah 5 kandungan skincare yang aman untuk mengatasi jerawat anak remaja.

Baca Juga: Bikin Perut Rata, Ini 5 Teh yang Efektif untuk Meratakan Perut Secara Alami

1. Willow bark

Willow bark adalah sumber salicylic acid alami yang telah lama digunakan untuk meningkatkan pergantian sel kulit. Juga, menghaluskan kulit dan menyeimbangkan produksi sebum alami kulit.

Ekstrak willow bark menawarkan manfaat yang sama seperti salicylic acid tetapi tidak seperti versi sintetis yang digunakan dalam produk anti jerawat pada umumnya. Karena, ekstrak willow bark tidak mengiritasi atau mengeringkan kulit sehingga aman untuk digunakan oleh anak remaja.

Secara alami, willow bark bertindak sebagai anti-inflamasi untuk membantu mengurangi kemerahan dan menenangkan jerawat. Willow bark juga menawarkan efek yang kuat untuk melawan bakteri pembentuk jerawat termasuk Staphylococcus aureus dan Propionibacterium acnes.

2. Witch hazel

Kandungan skincare selanjutnya yang aman untuk mengatasi jerawat anak remaja adalah witch hazel.

Ekstrak witch hazel dihasilkan dari penyulingan uap ranting dan daun pohon witch hazel. Ekstrak ini memiliki sifat astringent yang sangat efektif untuk membantu menghaluskan pori-pori, mengontrol minyak berlebih, dan mencegah pembentukan jerawat baru.

Ekstrak witch hazel juga memiliki sifat anti-inflamasi serta mampu membantu mengurangi ukuran jerawat sekaligus menenangkannya.

3. Prebiotik

Dibandingkan kulit orang dewasa, kulit anak remaja biasanya menghasilkan lebih banyak sebum yang mana sebum merupakan zat yang menjadi makanan bagi bakteri jerawat.

Pertumbuhan bakteri jerawat yang berlebihan akan mengganggu keseimbangan kulit, membatasi pertumbuhan bakteri sehat, serta menyebabkan berbagai gejala jerawat termasuk komedo, pustula, dan kistik.

Untuk menangkal bakteri penyebab jerawat pada kulit anak remaja, maka jumlah bakteri yang menguntungkan kulit perlu diperbanyak salah satunya dengan memakai skincare mengandung prebiotik. Prebiotik akan memberi makan dan mendukung pertumbuhan bakteri baik sembari membatasi bakteri jahat untuk menciptakan kulit yang bersih.

Baca Juga: Selain Vitamin C, Ini 6 Bahan Pencerah Kulit yang Aman dan Ampuh

4. Tea tree oil

Tea tree oil telah lama digunakan untuk mengobati jerawat dan infeksi berkat sifat antibakterinya yang kuat.

Menurut University of Maryland Medical Centre, tea tree oil sama efektifnya dengan benzoyl peroxide dalam mengobati jerawat, tapi efek sampingnya lebih sedikit.

Menggunakan tea tree oil murni mungkin terlalu keras untuk kulit anak remaja. Sebaiknya, gunakan tea tree oil dalam bentuk skincare untuk membantu mengatasi jerawat pada anak remaja.

5. Green tea

Green tea atau teh hijau termasuk bahan yang ideal untuk perawatan kulit berjerawat anak remaja.

Green tea kaya akan antioksidan yang kuat untuk melindungi kulit dari stres oksidatif dan membantu mengurangi peradangan pada kulit.

Dengan memanfaatkan skincare yang mengandung green tea, pembentukan komedo dan jerawat akibat stres oksidatif pun akan tercegah dengan baik.

Itulah 5 kandungan skincare yang aman untuk mengatasi jerawat anak remaja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News