Keluarga

Selain Vitamin C, Ini 6 Bahan Pencerah Kulit yang Aman dan Ampuh

Selain Vitamin C, Ini 6 Bahan Pencerah Kulit yang Aman dan Ampuh

MOMSMONEY.ID - Ini dia 6 bahan pencerah kulit yang aman dan ampuh selain vitamin C.

Kulit yang cerah menjadi salah satu tampilan kulit yang banyak didambakan oleh orang-orang. Untuk mendapatkan kulit yang cerah, penggunaan produk skincare mengandung vitamin C bisa sangat membantu.

Selain vitamin C, kira-kira bahan skincare apa lagi yang memiliki kemampuan untuk mencerahkan kulit? Dilansir dari Skinluv, berikut 6 bahan pencerah kulit yang aman dan ampuh selain vitamin C.

Baca Juga: 5 Kesalahan Merawat Kulit Sensitif yang Harus Dihindari, Bikin Kulit Semakin Iritasi

1. Kojic acid

Bahan pencerah kulit yang aman dan ampuh pertama adalah kojic acid. Biasanya, kojic acid digunakan untuk membuat sake atau anggur beras.

Di dunia kecantikan, kojic acid termasuk bahan aktif skincare yang mampu mencerahkan kulit secara alami.

Kojic acid bekerja untuk meringankan dan mencerahkan kulit dengan cara membuat enzim yang diperlukan untuk produksi melanin menjadi tidak tersedia. Melanin sendiri merupakan pigmen yang memberi warna pada kulit, rambut, dan mata.

2. Alpha-arbutin

Bahan pencerah kulit yang aman dan ampuh kedua adalah alpha-arbutin.

Dapat ditemukan di daun tanaman bearberry, alpha-arbutin mampu mencerahkan kulit dengan menghambat suatu enzim yang berperan penting dalam sintesis melanin bernama enzim tirosinase.

Bahkan, konsentrasi alpha-arbutin sebanyak 1%-2% dalam produk skincare diklaim bisa menyaingi agen pencerah kulit yang paling efektif sekali pun.

3. Glutathione

Bahan pencerah kulit yang aman dan ampuh ketiga adalah gluthatione. Gluthatione dapat bekerja maksimal dalam mencerahkan kulit saat dipasangkan dengan bahan pencerah kulit lainnya seperti kojic acid.

Studi menunjukkan gluthatione aman untuk digunakan pada kulit. Kendati demikian, belum banyak diketahui tentang seberapa baik atau seberapa cepat gluthatione bisa mencerahkan kulit.

Oleh sebab itu, pastikan produk pencerah kulit pilihan Anda mengandung kombinasi gluthatione dan bahan yang mencerahkan lainnya untuk hasil terbaik.

Baca Juga: Ingin Cukur Rambut Kemaluan Sendiri? Gunakan 6 Cara Aman Ini, ya

4. Licorice

Bahan pencerah kulit yang aman dan ampuh keempat adalah licorice. Sebagai campuran zat aktif, ekstrak licorice mengandung banyak bahan dengan manfaat mencerahkan kulit.

Beberapa di antaranya bekerja secara tradisional dengan menghambat aktivitas tirosinase, sedangkan yang lain mencerahkan kulit dengan mekanisme lain.

Itulah sebabnya licorice masuk dalam daftar bahan skincare yang menarik dan sangat efektif untuk mencerahkan kulit.

5. Azelaic acid

Bahan pencerah kulit yang aman dan ampuh kelima adalah azelaic acid. Azelaic acid memiliki tingkat ph yang sama dengan kulit yaitu 5,5.

Azelaic acid dikenal untuk membantu menenangkan rosacea atau kemerahan kronis yang disertai dengan iritasi dan kerak pada kulit.

Di sisi lain, azelaic acid termasuk bahan pencerah kulit yang terbilang efektif. Selain mampu membantu meratakan warna kulit, azelaic acid juga bisa menjaga kulit tetap bersih.

6. Glycolic acid

Bahan pencerah kulit yang aman dan ampuh keenam adalah glycolic acid. Populer sebagai exfoliant, banyak orang yang tidak tahu bahwa glycolic acid juga dapat membantu mencerahkan kulit.

Berbeda dengan kebanyakan bahan pencerah yang menghambat sintesis melanin, glycolic acid bekerja dengan menghilangkan pigmen melanin lebih cepat.

Perawatan kulit menggunakan glycolic acid akan mempercepat pergantian alami sel-sel kulit untuk meningkatkan kecerahan kulit secara langsung layaknya kojic acid.

Itulah 6 bahan pencerah kulit yang aman dan ampuh selain vitamin C. Mana yang menarik perhatian Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News