Keluarga

5 Jenis Makanan Penambah Tinggi Badan Anak di Masa Pertumbuhan

5 Jenis Makanan Penambah Tinggi Badan Anak di Masa Pertumbuhan

MOMSMONEY.ID - Masa pertumbuhan merupakan masa paling krusial bagi seorang anak. Pasalnya, di masa pertumbuhan inilah seorang anak harus banyak mengonsumsi aneka makanan sehat penambah tinggi badan anak.

Melansir dari Medical News Today, ada beberapa faktor yang memengaruhi tinggi badan anak, di antaranya ada gen, jenis kelamin, serta hormon.

Namun ternyata, tinggi badan juga bisa terus bertambah apabila seorang anak diberi asupan gizi dan nutrisi yang memadai sejak masa pertumbuhan.

Penelitian pada tahun 2016 yang dilansir dari Medical News Today mengatakan bahwa nutrisi adalah faktor gaya hidup terpenting yang dapat memengaruhi tinggi badan, selain berolahraga.

Lantas, apa sajakah jenis makanan yang dapat menambah tinggi badan anak? Melansir dari Times of India, Gritzo, dan Mom Juction, berikut selengkapnya!

Baca Juga: Waspadai Gejalanya, Ini 5 Tanda Aneh pada Tubuh Saat Kekurangan Zat Besi

Kedelai

Kedelai adalah salah satu jenis makanan yang kerap diremehkan. Padahal, kedelai yang diolah jadi aneka makanan dapat menjadi penambah tinggi badan anak yang signifikan.

Olahan kedelai seperti tahu, tempe, hingga susu kedelai merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh. Selain itu, kedelai juga mengandung folat, karbohidrat, serat, serta vitamin yang mampu memaksimalkan tinggi badan anak.

Baca Juga: Waspadai Gempa di Cianjur & Jember, Ini 8 Cara Menyelamatkan Diri dari Gempa Bumi

Ikan

Ikan Goreng

Ikan sangat berperan dalam pertumbuhan tinggi badan anak. Ini disebabkan ikan mengandung asam lemak Omega-3, zat besi, kalsium, fosfor, dan vitamin yang penting.

Menurut sebuah penelitian pada tahun 2017 yang dilansir dari Times of India, dikatakan bahwa asam lemak omega-3 memainkan peran kunci dalam tumbuh kembang anak, sekaligus meningkatkan fungsi kognitif, kesehatan tubuh, dan sistem kekebalan imun.

Baca Juga: Sering Lesu? Ini 5 Makanan yang Mengandung Zat Besi Lebih Tinggi dari Daging

Makanan olahan susu

Selain susu, makanan olahan susu juga tergolong ke dalam makanan penambah tinggi badan anak. Makanan seperti keju, yogurt, krim kocok, hingga es krim kaya akan protein, kalsium, serta vitamin A, B, D, dan E.

Mendapat kalsium yang cukup sangat penting bagi tumbuh kembang anak, terutama saat sedang mengalami pubertas.

Sayuran berdaun

Sawi hijau

Anak moms intoleran laktosa sehingga tak bisa minum susu sapi? Tenang, sayuran berdaun bisa jadi solusinya,

Sayuran berdaun merupakan salah satu jenis makanan penambah tinggi badan anak. Sayuran berdaun adalah sumber kalsium serta vitamin K yang ramah untuk penderita intoleransi laktosa.

Beberapa sayuran berdaun tersebut di antaranya kangkung, bayam, bok coy, lobak, sawi, hingga selada air.

Baca Juga: Anak Sering Masuk Dapur? Ini 6 Tips Membuat Dapur yang Aman Bagi Anak Usia Balita

Daging merah

Makanan penambah tinggi badan anak selanjutnya adalah daging merah. Daging merah itu sendiri meliputi daging sapi-daging kambing.

Daging merah kaya akan protein dan beberapa mikronutrien, termasuk zat besi yang penting untuk mencegah anemia.

Anemia itu sendiri dapat menyebabkan tubuh mudah lesu, serta dapat memengaruhi tumbuh kembang anak, termasuk pertumbuhan tinggi badannya.

Itu dia beberapa macam makanan yang penambah tinggi badan anak. Jadi, pastikan anak selalu mengonsumsi aneka makanan sehat seperti yang telah disebutkan di atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News