HOME, Keluarga

5 Inspirasi Taman Vertikal yang Cocok Untuk Lahan Sempit

5 Inspirasi Taman Vertikal yang Cocok Untuk Lahan Sempit

MOMSMONEY.ID - Taman vertikal atau vertical garden adalah salah satu solusi yang praktis dan cerdik bagi Anda yang ingin berkebun di tengah keterbatasan lahan rumah.

Sesuai dengan namanya, taman vertikal dibuat dengan cara menyusun atau menanam tanaman dalam bentuk vertikal yang memanjang ke atas. Caranya pun bermacam-macam, seperti menggunakan pot yang digantung hingga menanam tanaman pada suatu bidang di dinding.

Tertarik membuat taman vertikal di rumah? Yuk, tengok dulu inspirasinya di bawah ini!

Baca Juga: Ingin Membuat Taman Vertikal di Rumah? Simak Tipsnya di Sini

Memanfaatkan ruang di balkon

Jika Anda punya dinding kosong di balkon rumah, coba manfaatkan sebagai bidang untuk taman vertikal seperti gambar di atas. Anda bisa menggunakan frame atau rak kayu untuk meletakkan pot tanaman, gantungan atau papan kawat untuk menggantung pot, dan masih banyak lagi. Yang penting, sesuaikan layout atau susunan taman vertikal sesuai dengan selera Anda.

Papan kawat serbaguna

Salah satu cara termudah untuk membuat taman vertikal adalah dengan memasang grid board atau papan kawat pada dinding kosong, seperti pada gambar di atas. Selain memudahkan Anda untuk menggantung pot tanaman, Anda juga dapat memindah-mindahkan pot tanaman sesuka hati hingga mendapatkan tampilan taman vertikal yang diinginkan.

Tabung bekas sebagai pot tanaman

Jika Anda tidak punya pot tanaman khusus untuk taman vertikal, cukup manfaatkan barang-barang yang sudah ada di rumah. Contohnya seperti taman vertikal pada gambar di atas, yang menggunakan potongan tabung atau pipa bekas sebagai tempat untuk menampung sukulen. Supaya kokoh, sangga pipa tersebut dengan penyangga khusus.

Baca Juga: Ingin Interior Rumah Anda Bergaya Islami? Gunakan 7 Elemen Ini

Struktur yang portabel

Saat membuat taman vertikal, Anda bisa memilih untuk membuatnya di tempat yang permanen atau membuat struktur yang portabel seperti gambar di atas. Selain terlihat estetik dengan susunan potnya, struktur seperti ini memudahkan Anda untuk memindahkan taman vertikal bila diperlukan. Pastikan strukturnya cukup kokoh supaya tidak mudah bergoyang atau jatuh.

Warna-warni yang ceria

Taman vertikal yang satu ini akan sangat cocok untuk Anda yang menyukai kehadiran warna-warna ceria di rumah. Menggunakan pot berwarna-warni yang disusun sehingga menyerupai warna pelangi, taman vertikal pada gambar di atas terlihat mencolok karena ditempatkan di atas dinding putih. Potnya yang berdesain minimalis membuat taman vertikal tersebut tetap terlihat simpel sekaligus ceria.

Nah, itulah beberapa contoh desain taman vertikal yang bisa Anda jadikan inspirasi. Bagaimana, adakah desain yang ingin Anda tiru di rumah?

Selamat mendesain taman vertikal impian Anda, ya!

Selanjutnya: Pahami Cara Mencuci Baju Thrift agar Terbebas dari Kuman dan Bakteri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News