HOME, Keluarga

Ingin Membuat Taman Vertikal di Rumah? Simak Tipsnya di Sini

Ingin Membuat Taman Vertikal di Rumah? Simak Tipsnya di Sini

MOMSMONEY.ID - Taman vertikal atau vertical garden adalah solusi cerdik bagi Anda yang ingin berkebun di rumah, tapi memiliki lahan yang terbatas.

Membuat taman vertikal memang menyenangkan, sebab Anda tidak membutuhkan lahan yang luas untuk menjalani hobi merawat tanaman. Selain itu, tembok yang dijadikan tempat membuat taman vertikal juga akan semakin cantik sehingga menambah nilai estetika rumah.

Nah, sebelum Anda memutuskan untuk membuat taman vertikal di rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya taman tersebut bisa tampil dan berfungsi dengan maksimal. Dilansir dari Popular Mechanics dan The Micro Gardener, berikut tipsnya.

Baca Juga: 7 Tips Memilih Lemari Pakaian yang Pas untuk Anda

Tentukan tempat yang tepat

Pertama-tama, Anda perlu menentukan tempat yang tepat untuk membuat taman vertikal. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, salah satunya adalah intensitas sinar matahari yang ada di tempat tersebut.

Misalnya, tempat yang kurang mendapat sinar matahari akan cocok untuk tanaman yang menyukai tempat teduh, tapi kurang cocok untuk tanaman yang butuh sinar matahari terik.

Tentukan struktur yang akan digunakan

Taman vertikal bisa dibuat dengan berbagai macam cara, mulai dari membuat frame yang dipasang ke dinding, memasang gantungan untuk menggantung pot tanaman, sampai memasang boks untuk meletakkan tanaman. Anda bisa memilih untuk memasang struktur yang permanen atau portabel.

Jika memilih struktur portabel yang mudah dipindah-pindah (seperti pot gantung atau grid board), pastikan strukturnya terbuat dari bahan yang ringan. Perhatikan juga kekuatannya, jangan sampai strukturnya rapuh sehingga mudah jatuh dan menimpa Anda.

Pilih tanaman yang tepat

Karena dipasang pada satu bidang vertikal, pemilihan tanaman juga penting. Misalnya, jika Anda memilih jenis tanaman rambat, periksa apakah tanaman tersebut akan tumbuh dengan cepat sehingga Anda harus sering-sering memangkasnya. Pertimbangkan juga apakah tanaman akan membebani pot saat sudah tumbuh besar.

Di sisi lain, menanam tanaman yang tumbuh lebat pada taman vertikal dapat memblokir sinar matahari untuk tanaman yang ditanam di bawahnya. Perhatikan kebutuhan sinar matahari setiap tanaman sehingga Anda bisa mengatur penempatan yang cocok untuk setiap tanaman.

Baca Juga: 4 Inspirasi Taman ala Jepang yang Cantik dan Menenangkan, Dijamin Suka!

Atur sistem pengairan untuk tanaman

Menyirami tanaman pada taman vertikal bisa sedikit merepotkan karena posisinya yang meninggi. Oleh karena itu, Anda bisa mengatur sistem pengairan khusus untuk taman vertikal.

Salah satu cara yang paling umum adalah dengan menggunakan pipa yang tersambung dengan sumber air dan ditempatkan pada bagian atas tanaman. Pada sisi-sisi pipa, ada lubang atau sprinkler yang akan menyiramkan air setiap kali Anda menyalakan keran.

Maksimalkan ruang pada taman vertikal

Karena memiliki ruang yang cukup terbatas, tidak ada salahnya untuk memaksimalkan setiap senti dari area taman vertikal. Perlakukan tembok taman vertikal Anda sebagai kanvas kosong, sehingga Anda bebas berkreasi untuk menghasilkan tampilan taman vertikal yang cantik.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat membuat taman vertikal di rumah. Selamat berkebun, dan semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Selanjutnya: Banyak Digunakan di Rumah, Ini Cara Merawat Lantai Keramik Supaya Tetap Cantik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News