Keluarga

5 Ide Desain Mezzanine Kamar 3x4 Mudah Diterapkan Saat Renovasi Rumah

5 Ide Desain Mezzanine Kamar 3x4 Mudah Diterapkan Saat Renovasi Rumah

MOMSMONEY.ID - Lahan yang semakin sempit membuat Anda harus berpikir kreatif. Salah satunya adalah membangun mezzanine kamar tidur berukuran 3 x4 meter. Simak ide desain mezzanine kamar 3x4 meter di sini. 

Tentu, Anda bertanya apa itu mezzanine? Melansir Kompas.com, mezzanine berasal dari kata mezo bahasa Italia yang artinya bagian tengah atau dapat diartikan sebagai ruang tambahan di satu lantai.

Menurut Real Estate Indonesia (REI), rumah mezzanine dengan kamar 3x4 meter idealnya memiliki tinggi bangunan 5 meter. 

Baca Juga: Ide Untuk Membangun Rumah dengan Lantai Split

Sebenarnya, tambahan ruang rumah mezzanine tak hanya bisa untuk kamar saja. Anda bisa menggunakannya dengan fungsi lain, seperti ruang kerja, ruang rekreasi hingga ruang keluarga.

Melansir The Sleep Judge, berikut inspirasi ide mezzanine kamar ukuran 3x4 meter:

1. Membuat loteng di kamar

Mezzanine kamar 3x4

Ide ini bisa Anda gunakan jika sering menghabiskan waktu di kamar tidur. Area lantai dasar Anda gunakan untuk tempat tidur dan lantai mezzanine bisa difungsikan untuk loteng.  

Loteng ini jadi tempat Anda untuk bersantai seperti berbincang dengan teman yang bertamu, membaca buku atau mengerjakan tugas. Anda bisa menggunakan kayu sebagai bahan utama membuat lantai mezzanine di kamar 3x4 milik Anda.

2. Buat platform tinggi di kamar tidur

Mezzanine kamar 3x4

Penggunaan platform tinggi ini menyerap ide mezzanine untuk kamar. Hanya saja, Anda bisa menggunakan bahan seperti membuat lemari yang permukaannya luas cukup untuk tempat tidur. 

Lalu pada bagian bawah tempat tidur gunakan sebagai ruang penyimpanan. Untuk membuatnya seperti kamar mezzanine tambahkan tangga sebagai akses Anda menuju tempat tidur.

3. Buat mezzanine kamar hanya untuk tidur

Mezzanine kamar 3 x4

Ide mezzanine kamar ini cocok untuk kamar berukuran 3x4 meter. Caranya, dengan membuat satu zona untuk area ganti baju. Batasi dengan membuat tembok. Tinggi ruangan sesuaikan dengan tinggi Anda. 

Kemudian, sisakan ruangan pada bagian atas untuk tempat tidur Anda. Gunakan pembatas dengan kayu palet sebagai unsur pengaman dan pemanis. Anda tak perlu langit-langit tinggi untuk membuat ide mezzanine kamar ini. 

4. Buat kamar dua tempat tidur bertingkat

Mezzanine kamar 3x4

Ide ini bisa Anda gunakan jika kamar Anda digunakan berdua dengan saudara atau teman Anda. Ketimbang membeli kasur bertingkat, ide mezzanine kamar 3x4 meter ini bisa memperkuat unsur unik pada kamar. 

Gunakan ruang antar anak tangga dan antara lantai dengan kasur paling bawah Anda sebagai lemari penyimpanan.

5. Buat kamar mezzanine sederhana dengan palet kayu

Mezzanine kamar 3x4

Untuk ide mezzanine kamar ini tak perlu punya langit-langit tinggi. Anda hanya perlu mengurangi ruang pada bagian bawah mezzanine. Gunakan untuk tempat penyimpanan. 

Lalu, gunakan bagian atas sebagai tempat tidur dan lemari baju. Sisa ruangan bisa Anda gunakan untuk area belajar, dan ruang penyimpanan yang disesuaikan. 

Baca Juga: Ini Aturan Utama Rumah dengan Lantai Split. Simak Penjelasannya!

Demikian 5 ide mezzanine kamar yang mudah untuk Anda terapkan. Pastikan menggunakan pengukuran dan perencanaan layout yang matang. Selamat mencoba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News