HOME, Keluarga

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Kompor Induksi, Yuk Simak!

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Kompor Induksi, Yuk Simak!

MOMSMONEY.ID - Sejak tahun 2020, pemerintah bersama PLN sudah menggulirkan Gerakan Konversi Satu Juta Kompor LPG ke Kompor Induksi.

Dilansir dari laman PLN, penggunaan kompor induksi sendiri diklaim dapat menghemat anggaran subsidi LPG dan meningkatkan ketahanan energi nasional.

Memang, kompor induksi sendiri memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan kompor gas konvensional. Misalnya, kompor induksi bekerja dengan menggunakan sistem pemanasan yang lebih merata dan presisi, serta lebih aman digunakan.

Nah, jika Anda tertarik untuk membeli kompor induksi, tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan sebelumnya. Apa sajakah itu? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: Bagaimana Cara Menghitung kWh Listrik Prabayar? Ini Dia Rumusnya

Daya yang digunakan

Kompor induksi menggunakan daya listrik untuk menghasilkan panas. Dilansir dari Kent India, semakin besar daya listrik yang digunakan, maka proses memasak akan makin cepat.

Jadi, jika Anda membutuhkan proses memasak yang cenderung cepat, mungkin Anda akan membutuhkan kompor induksi dengan daya yang lebih besar. Namun, pastikan juga kompor induksi yang Anda beli memiliki daya yang sesuai dengan kapasitas daya listrik di rumah.

Penggunaan kompor di rumah

Selain daya listrik yang digunakan, Anda juga perlu mempertimbangkan seperti apa kebiasaan Anda memasak di rumah. Hal ini akan mempengaruhi penggunaan kompor induksi di rumah.

Kompor induksi sendiri tidak menghasilkan api layaknya kompor gas biasa, melainkan menghantarkan suhu panas dari komponen di dalamnya. Jadi, kompor induksi kurang cocok untuk Anda yang suka memasak dengan api, misalnya membakar makanan atau melakukan stir fry.

Fitur-fitur yang tersedia

Kompor induksi umumnya memiliki fitur-fitur canggih yang dapat memudahkan Anda dalam memasak, misalnya fitur timer, child lock, dan cooking mode yang dapat mengatur suhu saat memasak jenis makanan yang berbeda-beda.

Nah, fitur-fitur ini bisa menjadi bahan pertimbangan Anda saat membeli kompor induksi. Pilihlah kompor induksi dengan fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda supaya kompor tersebut bisa berfungsi dengan maksimal.

Baca Juga: Kompor Induksi di Rumah Tidak Berfungsi? Mungkin 4 Hal Ini Penyebabnya

Ukuran tungku kompor

Kompor induksi biasanya dilengkapi dengan keterangan mengenai ukuran atau diameter alat masak yang bisa digunakan. Hal ini penting, sebab diameter alat masak yang terlalu besar atau terlalu kecil akan membuatnya tidak bisa dideteksi oleh kompor, sehingga kompor tidak akan memanaskan alat masak tersebut.

Jadi, saat membeli kompor induksi, perhatikan spesifikasi mengenai ukuran tungku kompor dan besaran diameter alat masak yang dapat ditopang oleh kompor tersebut. Anda pun dapat mengetahui alat masak seperti apa yang cocok dengan kompor induksi yang dibeli.

Jenis dan bahan alat masak yang dimiliki

Tak hanya ukuran alat masak, tapi bahan alat masak tersebut juga mempengaruhi kinerja kompor induksi dalam memanaskan makanan.

Dikutip dari Crompton, alat masak yang digunakan harus kompatibel dengan kompor induksi. Alat masak tersebut harus bersifat magnetis, halus, dan rata. Anda bisa mengetes kemagnetan alat masak dengan cara menempelkan magnet di bagian bawah alat masak tersebut.

Selain itu, bahan dari alat masak juga perlu diperhatikan. Alat masak yang kompatibel dengan kompor induksi biasanya berbahan stainless steel dan cast iron. Jadi, pastikan Anda memiliki alat masak dengan ukuran dan jenis yang sesuai.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat akan membeli kompor induksi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News