Bugar

5 Gejala Penyakit TBC yang Perlu Anda Waspadai Mulai Sekarang

5 Gejala Penyakit TBC yang Perlu Anda Waspadai Mulai Sekarang

MOMSMONEY.ID - Gejala TBC atau tuberkulosis ini sangat beragam dan tidak hanya batuk saja. Anda juga harus mengetahuinya untuk kewaspadaan dan mengantisipasi lebih dini. 

Tuberkulosis adalah penyakit menular akibat infeksi yang memiliki potensi besar untuk menyerang paru-paru, sehingga menimbulkan dampak berbahaya.  

Penyakit ini dapat menyebar dari satu orang ke orang lain melalui tetesan air liur yang mengandung bakteri mycobacterium tuberkulosis di udara saat batuk atau bersin, dilansir dari Healthline.

Gejala TBC pada mulanya berupa batuk. Namun, mengutip Heart Association, inilah beberapa gejala TBC yang perlu diwaspadai mulai sekarang, antara lain:  

Baca Juga: Ada Susu, Ini 5 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asma

Sering berkeringat di malam hari

Gejala TBC yang perlu diwaspadai pertama adalah sering berkeringat di malam hari. Suhu tubuh meningkat dan demam di malam hari juga disertai dengan munculnya keringat.  

Jumlah keringat yang keluar pun lebih banyak dibanding siang hari. Walaupun tidak terjadi pada semua pengidap TBC, berkeringat di malam hari bisa disertai dengan badan yang menggigil.  

Kulit terlihat pucat

Gejala TBC yang perlu diwaspadai kedua adalah kulit menjadi pucat. Keadaan ini disebabkan oleh tubuh yang mengalami kekurangan sel darah merah atau anemia. Kondisi inilah yang membuat warna kulit pengidap TBC cenderung pucat.  

Sering merasa lelah

Gejala TBC yang perlu diwaspadai ketiga adalah sering merasa lelah. Meskipun tidak melakukan aktivitas fisik, tubuh pengidap TBC akan sering merasa kelelahan. Hal ini ditandai dengan tubuh yang pegal-pegal dan sakit kepala.  

Baca Juga: Menjaga Berat Tubuh, Berikut Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Perempuan

Suhu tubuh meningkat

Gejala TBC yang perlu diwaspadai keempat adalah suhu tubuh meningkat di malam hari. Meskipun seharian tubuhnya sehat dan bugar, menjelang malam akan melemah dan demam.  

Meningkatnya suhu tubuh ini biasanya berlangsung selama lebih dari 3 minggu, meskipun sudah mengonsumsi obat penurun demam.  

Berat badan menurun

Gejala TBC yang perlu diwaspadai kelima adalah berat badan menurun. Hal ini disebabkan nafsu makan yang menurun, sehingga cadangan nutrisi terus terpakai.

Maka dari itu, jika Anda alami penurunan berat badan yang akhirnya berdampak pada turunnya angka berat badan, ada baiknya segera memeriksakan diri.  

Itulah beberapa gejala TBC yang perlu diwaspadai mulai sekarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News