Bugar

Ada Susu, Ini 5 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asma

Ada Susu, Ini 5 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asma

MOMSMONEY.ID - Ada sejumlah makanan perlu dihindari penderita asma karena bisa memperparah gejalanya, perlu Anda ketahui.

Asma merupakan penyakit di saluran napas akibat peradangan kronis yang membuat penderitanya kesulitan bernapas. Penyakit jangka panjang ini dapat kambuh berulang kali. 

Sebenarnya, konsumsi makanan tertentu jarang memicu gejala asma. Ada beberapa makanan yang dicurigai dapat memperparah gejala asma.

Dilansir dari Healthgrades dan British Medical Journal Open, berikut beberapa makanan yang perlu dihindari penderita asma, antara lain: 

Baca Juga: Ingin Meredakan Asma? Coba Rutin Konsumsi 5 Makanan Sehat ini

Udang beku

Makanan yang perlu dihindari penderita asma pertama adalah udang beku. Udang beku atau udang olahan menjadi pantangan makanan bagi penderita asma.

Sama halnya dengan anggur atau bir, udang beku dan makanan laut lainnya sering kali mengandung sulfit untuk mencegah tumbuhnya bintik hitam yang dapat menurunkan selera makan.

Buah kering

Buah kering dirancang untuk memperpanjang umur simpan buah. Namun, proses pengeringan buah sering kali mengandung zat aditif atau sulfit yang dapat menimbulkan masalah pada kebanyakan penderita asma.

Zat tersebut misalnya kalium bisulfit dan natrium sulfit. Untuk itu, periksa dulu apakah buah kering yang Anda beli mengandung zat semacam itu. 

Susu

Susu memang baik untuk kesehatan. Tapi, bagi beberapa orang, konsumsi susu dapat memicu terjadinya serangan asma, seperti mengi, batuk, atau gejala gangguan pernapasan lainnya.

Sebaiknya, penderita asma juga menghindari produk olahan susu seperti keju dan yoghurt. Beberapa produk olahan susu tersebut juga termasuk ke dalam makanan yang dapat memperparah asma.

Baca Juga: Inilah 5 Penyakit yang Rentan Menyerang Paru-Paru

Acar

Makanan yang perlu dihindari penderita asma yang selanjutnya adalah acar. Makanan acar cenderung mengandung sulfit sebagai pengawet, seperti halnya makanan fermentasi seperti kimchi.

Sebaiknya waspada dengan makanan yang disertai campuran saus salad atau saus lobak. Ada baiknya memantau reaksi terhadap makanan tertentu atau menghindarinya jika perlu. 

Minuman dengan pemanis buatan

Makanan yang perlu dihindari penderita asma terakhir adalah minuman dengan pemanis buatan seperti minuman bersoda juga bisa memicu terjadinya asma pada beberapa orang. 

Bahkan, dalam satu studi yang dipublikasikan British Medical Journal mengatakan, orang dewasa dan anak-anak yang sering mengonsumsi minuman bersoda lebih mungkin terkena asma. 

Selalu perhatikan apa yang akan dikonsumsi khusunya penderita asma. Salah makan bisa memicu kekambuhan, bahkan parahnya lagi, hal ini juga dapat berpotensi menyebabkan kematian.

Itulah beberapa makanan yang perlu dihindari penderita asma untuk membantu mengurangi gejalanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News