Bugar

Inilah 5 Penyakit yang Rentan Menyerang Paru-Paru

Inilah 5 Penyakit yang Rentan Menyerang Paru-Paru

MOMSMONEY.ID - Ada berbagai macam penyakit paru-paru yang terjadi. Penyakit ini biasanya ditandai dengan beberapa gejala, seperti sesak napas, batuk kronis, mengi, atau nyeri dada.

Penyakit paru-paru biasanya disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari infeksi, kebiasaan merokok, hingga faktor keturunan.

Dilansir dari Health Focus, berikut ini adalah beberapa jenis penyakit paru-paru yang penting untuk diketahui, antara lain: 

Baca Juga: Sering Disepelekan, Inilah Gejala Radang Tenggorokan Akut yang Perlu Diketahui

Pneumonia

Pneumonia adalah infeksi yang menyebabkan kantung-kantung udara di dalam paru meradang dan membengkak. Kondisi ini sering disebut dengan paru-paru basah, sebab paru-paru bisa dipenuhi oleh cairan atau nanah.

Bronkitis

Bronkitis adalah peradangan yang terjadi pada saluran bronkus atau saluran yang menghubungkan tenggorokan ke paru-paru. Salah satu penyebab bronkitis yang paling umum adalah infeksi virus.

Tuberkulosis

Tuberkulosis adalah penyakit paru yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Bakteri ini tidak hanya menyerang paru-paru, tetapi juga bisa menyebar ke bagian tubuh lain seperti tulang, kelenjar getah bening, sistem saraf pusat, dan ginjal.

Asma

Asma adalah penyakit kronis yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran pernapasan. Penderita asma umumnya memiliki saluran pernapasan yang lebih sensitif.

Saat penderita asma terpapar alergen atau pemicu alergi, saluran pernapasannya akan meradang, membengkak, dan menyempit.

Baca Juga: Kenali 5 Gejala TBC yang Perlu Diwaspadai, Mulai dari Batuk Hingga Sering Lelah

Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)

Ini merupakan istilah umum yang mencakup beberapa penyakit pernapasan yang menyebabkan sesak napas atau ketidakmampuan paru-paru mengeluarkan napas secara normal.  

Gejala yang biasanya terjadi yaitu sesak napas dan batuk berdahak disertai lendir.

Jika Anda kerap mengalami gejala penyakit paru yang mengganggu, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

Itulah beberapa penyakit yang rentang menyerang paru-paru yang perlu Anda ketahui dan waspadai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News