Bugar

Menjaga Berat Tubuh, Berikut Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Perempuan

Menjaga Berat Tubuh, Berikut Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Perempuan

MOMSMONEY.ID - Manfaat bersepeda untuk semua orang apalagi untuk perempuan sudah tidak diragukan lagi. 

Bersepeda merupakan opsi low-impact exercise, yakni jenis olahraga yang direkomendasikan bagi orang yang baru mulai berolahraga, obesitas, atau rentan mengalami cedera, dikutip dari Health Focus.

Berikut ini adalah beberapa manfaat bersepeda untuk kesehatan perempuan, antara lain: 

Baca Juga: Inilah Sederet Cara Menjaga Kesehatan Ginjal. Yuk Cari Tahu di Sini!

Menjaga berat tubuh

Bersepeda pada intensitas tinggi membantu menurunkan kadar lemak tubuh, yang mempromosikan manajemen berat badan yang sehat. 

Melansir Healthline, manfaat bersepeda juga meningkatkan metabolisme dan membentuk otot, yang memungkinkan Moms membakar lebih banyak kalori, termasuk saat istirahat. 

Mencegah penyakit jantung dan pembuluh darah

Memasukkan kegiatan bersepeda ke dalam olahraga harian bisa membantu mencegah risiko tekanan darah tinggi (hipertensi). 

Sebuah studi dari British Journal of Sport Science Medicine pada 2018 menemukan, berolahraga dengan intensitas tertentu dapat memperbaiki hipertensi. 

Bahkan, efek yang ditimbulkan sama seperti saat orang tersebut mengonsumsi obat resep. Walaupun begitu, tetap konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan saran medis terbaik. 

Mengurangi risiko kanker

Jika Anda mempertahankan asupan makanan sehat dan seimbang, disertai bersepeda secara teratur, maka kedua hal tersebut akan membantu Anda dalam mengurangi risiko kanker.  

Sebuah studi terbitan Journal of American Medical Association menunjukkan, orang yang memiliki tubuh bugar hingga usia tua memiliki risiko lebih rendah untuk mengidap kanker paru dan kanker kolorektal.  

Sementara bagi penderita kanker dalam masa pemulihan, bersepeda dapat mengurangi efek samping dari pengobatan kanker dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. 

Baca Juga: Ini Penyebab Sakit Punggung dan Cara Mengatasinya

Menjaga kesehatan sendi

Manfaat bersepeda untuk perempuan selanjutnya adalah, menjaga kesehatan sendi dan mengatasi kekakuan pada tubuh bagian bawah yang berkaitan dengan usia. 

Berkaitan dengan intensitasnya, kamu bisa menyesuaikan dengan kekuatan dan kebutuhan. 

Menjaga kesehatan mental

Bersepeda dapat memicu tubuh untuk memproduksi hormon dopamin. Hormon tersebut mampu memicu perasaan bahagia, meredakan stres, depresi, dan kecemasan yang kamu alami. 

Itulah beberapa manfaat bersepeda untuk perempuan yang dapat Anda rasakan jika rutin melakukannya. Jangan lupa dibarengi dengan pola hidup sehat lainya, ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News