Keluarga

5 Fakta Kucing Berbulu Putih, Benarkah Semuanya Tuli?

5 Fakta Kucing Berbulu Putih, Benarkah Semuanya Tuli?

MOMSMONEY.ID - Ketika memilih kucing untuk dijadikan peliharaan, banyak orang yang menginginkan kucing berwarna putih karena tampilannya yang cantik dan elegan.

Memang, kucing berwarna putih memang terlihat mencolok karena warna bulunya yang terkesan bersih dan seperti kapas. Selain itu, kucing berwarna putih kerap memiliki mata berwarna biru yang cerah, sehingga menambah kecantikannya.

Nah, jika Anda tertarik memelihara kucing berbulu putih, yuk kenali dulu kucing yang satu ini lebih jauh. Dilansir dari My Lovely Feline, The Happy Cat Site, dan Wamiz.co.uk, berikut fakta menarik seputar kucing dengan bulu berwarna putih.

Baca Juga: 6 Ras Kucing Berbulu Putih, Cantik dan Elegan!

Termasuk warna yang langka

Jika ditotal, populasi kucing berbulu putih mencakup sekitar 5% dari total populasi kucing secara umum di seluruh dunia, sehingga kucing putih termasuk langka.

Warna putih tersebut disebabkan oleh kekurangan sel melanocytes, yaitu sel yang mengandung pigmen melanin untuk memberi warna bulu dan kulit. Selain itu, si kucing juga memiliki gen yang “menutupi” gen warna lainnya, sehingga bulunya berwarna putih.

Banyak yang bermata biru

Walaupun kucing putih memiliki beragam warna mata seperti hijau, kuning, hingga oranye, kucing putih bermata biru jauh lebih umum ditemukan. Warna biru pada mata kucing putih juga disebabkan oleh kekurangan melanocytes yang memberikan warna mata pada kucing.

Jadi, kekurangan sel tersebut kemungkinan besar akan menghasilkan kombinasi kucing berbulu putih dengan mata biru.

Banyak yang tuli

Selain mengontrol warna bulu dan mata kucing, melanocyte juga mengatur keseimbangan ion di dalam telinga kucing yang berfungsi untuk menyalurkan suara ke otak. Jika keseimbangan ion tersebut hilang saat si kucing masih bayi, mereka bisa menjadi tuli beberapa hari setelah lahir.

Oleh karena itu, kucing yang kekurangan melanocyte biasanya tak hanya memiliki bulu putih dan mata biru, tapi juga bisa mengalami tuli pada telinganya. Namun, tidak semua kucing berbulu putih dan bermata biru tuli, sebab sifat tuli tersebut masih dipengaruhi oleh gen pembawa sifat tuli yang ada di tubuh kucing.

Baca Juga: Ras Kucing dengan Mata Biru, Bikin Betah Dipandangi!

Bisa ditemukan di beragam ras

Kucing berbulu putih bisa ditemukan pada berbagai ras kucing, seperti Anggora, Ragdoll, Persia, Balinese, Oriental Shorthair, American Shorthair, Maine Coon, dan masih banyak lagi.

Jadi, jika Anda menginginkan kucing berbulu putih dengan karakteristik tertentu, jangan khawatir karena warna bulu ini tidak spesifik pada satu atau dua ras kucing. Anda pun tinggal memilih ras kucing seperti apa yang cocok dengan keinginan.

Bukan termasuk albino

Mungkin Anda pernah menganggap kucing berbulu putih adalah kucing albino. Padahal, kenyaatannya tidak seperti itu, lo.

Seperti yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya, warna putih pada bulu kucing disebabkan oleh kombinasi antara kekurangan pigmen warna dan gen pembawa warna putih pada tubuhnya.

Di sisi lain, kucing albino sama sekali tidak memiliki melanin atau pigmen warna pada tubuhnya. Jadi, selain bulunya yang berwarna putih, warna matanya juga berwarna biru pucat sehingga terkadang kelihatan kemerahan karena memantulkan pembuluh darah di dalamnya.

Itulah beberapa fakta seputar kucing berbulu putih yang menarik untuk diketahui. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News