Bugar

5 Cara untuk Mengetahui Kesehatan Jantung, Bisa dari Kesehatan Mulut

5 Cara untuk Mengetahui Kesehatan Jantung, Bisa dari Kesehatan Mulut

MOMSMONEY.ID - Cara mengetahui kesehatan jantung sehat atau tidak bisa Anda perhatikan melalui beberapa indikator. 

Sebagai organ vital dalam tubuh, kesehatan jantung sangat penting untuk Anda perhatikan. Cara mengetahui kesehatan jantung sehat atau tidak bisa Anda lakukan melalui kegiatan medical check up

Selain itu, dilansir dari Heart Association, inilah beberapa cara untuk untuk mengetahui kesehatan jantung, antara lain:  

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Sirih yang Masih Jarang Diketahui Banyak Orang

Tekanan darah

Cara untuk untuk mengetahui kesehatan jantung pertama dilihat dari tekanan darah. Selanjutnya, cara mengetahui jantung sehat atau tidak adalah dengan mengecek tekanan darah. 

Tekanan darah adalah kekuatan darah terhadap dinding arteri saat jantung memompanya ke seluruh tubuh. Terdapat dua cara mengukurnya, yaitu tekanan darah sistolik dan diastolik. 

Detak jantung

Cara untuk untuk mengetahui kesehatan jantung kedua dilihat detak jantung. Mengetahui seberapa cepat jantung berdetak, teratur atau tidak, dengan merasakan denyut nadi.

Untuk mengukur denyut nadi, gunakan jari telunjuk dan jari tengah untuk menemukan nadi pada pergelangan tangan. Anda harus merasakan ketukan atau denyutan pada kedua jari tersebut. 

Lalu, hitung jumlah ketukan yang Anda rasakan dalam 10 detik, dan kalikan jumlahnya enam kali untuk mengetahui detak jantung per menit (beats per minute/bpm). 

Energi tubuh

Cara untuk untuk mengetahui kesehatan jantung ketiga dilihat dari energi tubuh. Ciri-ciri jantung sehat bisa dinilai dari kemampuannya dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

Ketika jantung melakukan tugasnya dengan efisien, tubuh mendapatkan oksigen dan nutrisi yang dari darah sehingga memberi Anda energi yang cukup untuk beraktivitas.  

Baca Juga: Jarang Diketahui, Inilah Manfaat Cranberry untuk Kesehatan Tubuh

Kesehatan mulut

Cara untuk untuk mengetahui kesehatan jantung keempat dilihat dari kesehatan mulut. Kesehatan mulut juga dapat berhubungan dengan jantung. 

Infeksi gusi akibat bakteri yang ditandai dengan gusi sakit dan berdarah bisa menjadi tanda awal penyakit jantung. Alhasil, risiko penyakit jantung pun meningkat. 

Kolesterol

Cara untuk untuk mengetahui kesehatan jantung kelima dilihat dari kolesterolnya. Tes ini bisa mengukur kolesterol dalam darah Anda, termasuk kolesterol jahat LDL dan kolesterol baik HDL. 

Terlalu banyak kadar kolesterol jahat bisa membentuk penyumbatan aliran darah dan meningkatkan risiko stroke ataupun kardiovaskuler lainnya yang berbahaya. 

Itulah beberapa cara untuk untuk mengetahui kesehatan jantung yang bisa Anda lakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News