Bugar

Jarang Diketahui, Inilah Manfaat Cranberry untuk Kesehatan Tubuh

Jarang Diketahui, Inilah Manfaat Cranberry untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Manfaat buah cranberry untuk kesehatan tubuh ternyata sangat beragam, meskipun jarang diketahui banyak orang. 

Cranberry adalah jenis beri berwarna merah dengan ukuran bervariasi. Buah ini sering dicampur pada kue atau jus. Sayangnya, buah ini cukup sulit ditemukan di Indonesia. 

Cranberry ternyata punya banyak nutrisi, mulai protein, serat, vitamin A, vitamin C, dan vitamin K, hingga kandungan antioksidan, dikutip dari Mayo Clinic.

Merangkum dari Very Well Fit, berikut sederet manfaat cranberry untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui, antara lain:   

Baca Juga: Konsumsi Secara Rutin, Ini 5 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Mencegah infeksi saluran kemih

Manfaat cranberry untuk kesehatan yang pertama adalah mencegah infeksi saluran kemih. Sebuah penelitian menyebutkan, ekstrak cranberry dapat mencegah infeksi saluran kemih.    

Kadar asam pada ekstrak cranberry dianggap bisa melindungi saluran kemih berkat kemampuannya dalam mengubah sifat urine jadi lebih asam.   

Melancarkan sirkulasi darah

Cranberry juga bisa melancarkan sirkulasi darah. Sehingga, dapat membantu meningkatkan kesehatan pembuluh darah.   

Buah cranberry terbukti membantu meningkatkan fleksibilitas pembuluh darah, yang bisa memperlancar sirkulasi dan aliran darah.   

Meningkatkan kemampuan otak

Manfaat cranberry berikutnya adalah meningkatkan kemampuan otak. Senyawa antioksidan yang ada dalam cranberry dapat meningkatkan daya ingat dan koordinasi.   

Jadi, jika Anda ingin tetap memiliki daya ingat yang kuat hingga tua nanti, konsumsilah buah cranberry secara rutin.    

Baca Juga: Konsumsi 10 Makanan Ini untuk Menurunkan Gula Darah Penderita Diabetes

Mencegah kerusakan gigi

Cranberry bisa mencegah kerusakan gigi. Kandungan proanthocyanidins yang bermanfaat untuk menangkal infeksi.   

Senyawa inilah yang mampu mencegah bakteri menempel pada permukaan mulut, seperti gigi dan gusi, sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi.    

Mencegah pertumbuhan kanker

Manfaat cranberry untuk kesehatan yang terakhir adalah mencegah pertumbuhan kanker. Cranberry mengandung polifenol yang dapat berkontribusi pada pencegahan kanker.   

Cranberry juga bermanfaat dalam memperlambat perkembangan tumor dan menunjukkan efek positif terhadap kanker prostat, payudara, hati, usus besar, dan kanker ovarium.    

Itulah beberapa manfaat cranberry untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News