5 Cara Sederhana untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Reporter: Ana Risma
Senin, 15 Agustus 2022 | 17:30 WIB
5 Cara Sederhana untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh


MOMSMONEY.ID - Metabolismemerupakan proses kimia yang terjadi di dalam sel tubuh untuk mengubah makanan dan minuman yang dikonsumsi menjadi energi.

Mengutip Alodokter, saat metabolisme melambat, tubuh akan cenderung lebih sulit untuk memproses makanan menjadi energi. Pada akhirnya, akan terjadi penurunan massa otot dan penumpukan lapisan lemak yang berkaitan dengan penambahan berat badan.

Meskipun metabolisme setiap orang berbeda-beda, namun Anda bisa mencoba cara sederana untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Melansir Health One Family Medicine berikut ini 5 cara sederhana yang dapat Anda coba:

1. Makan secara teratur

Tubuh akan bergantung pada keseimbangan dan keteraturan. Dan, makan pada waktu yang teratur dapat membantu tubuh menjaga keseimbangan metabolisme. Sebaliknya, makan dalam porsi besar sekaligus dan tidak makan kembali dalam waktu yang lama akan membuat tubuh cenderung lebih lambat dalam membakar kalori dan menyimpan lebih banyak sel lemak.

Namun, jika terbiasa makan pada waktu yang teratur, itu dapat mengurangi kecenderungan tersebut. Jadi, alih-alih makan besar sebanyak 2-3 kali, alangkah baiknya Anda makan beberapa kali dalam porsi kecil setiap 3-4 jam.

Baca Juga: Anda Merasa Mudah Lapar? Inilah 7 Penyebabnya yang Perlu Anda Ketahui

2. Latihan resistensi

Latihan kekuatan atau resistensi merupakan bentuk latihan yang bermanfaat untuk membantu membangun otot dan meningkatkan metabolisme. Dibandingkan lemak, massa otot memiliki tingkat metabolisme yang jauh lebih tinggi. Ini artinya, diperlukan lebih banyak energi untuk mempertahankan massa otot.

Umumnya, tubuh akan kehilangan otot seiring bertambahnya usia. Namun, latihan resistensi yang konsisten dapat membantu menghindari hal tersebut. Adapun latihan resistensi biasanya melibatkan angkat beban dan menggunakan resistance band atau berat badan untuk membangun otot.

3. Minum air yang cukup

Air diperlukan untuk mencapai metabolisme yang optimal. Jika Anda ingin tubuh Anda berfungsi dengan baik, maka Anda harus menjaganya agar tetap terhidrasi setiap saat. Dengan memastikan asupan air selalu tercukupi, itu dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan cara meningkatkan metabolisme.

Apabila Anda sedang berusaha menurunkan berat badan, sangat disarankan bagi Anda untuk menambahkan 1,5 liter air atau sekitar 8-12 gelas air ke dalam konsumsi air harian Anda. Ini tidak hanya bermanfaat untuk membantu mengurangi berat badan tetapi juga mencapai Indeks Massa Tubuh (IMT) yang ideal.

Baca Juga: Jangan Dikonsumsi Terus! 4 Jenis Makanan Ini Berbahaya jika Dijadikan Menu Sarapan!

4. Tidur yang cukup

Ketika tidak mendapatkan tidur yang cukup, tubuh akan melepaskan hormon bernama ghrelin yang bisa membuat Anda merasa lapar. Kemungkinan tubuh juga akan melepaskan hormon leptin yang dapat membuat Anda merasa kenyang meskipun sebenarnya tidak.

Nah, ketidakseimbangan hormon tersebut berpotensi memengaruhi metabolisme. Guna membantu memastikan hormon ghrelin dan leptin tetap seimbang sekaligus mencegah Anda makan berlebihan atau terlalu sedikit, pastikan untuk tidur dengan cukup selama 7-8 jam per malam ya, Moms.

5. Konsumsi makanan yang dapat meningkatkan metabolisme

Selain menerapkan keempat hal di atas, mengonsumsi makanan yang terbukti mampu meningkatkan metabolisme juga dapat membantu. Para ahli percaya bahwa tidak ada satu pun makanan yang memiliki efek signifikan pada metabolisme atau pun bisa menurunkan berat badan secara drastis.

Namun, para ahli percaya bahwa makanan tertentu dapat meningkatkan metabolisme. Adapun beberapa makanan yang terbukti mampu meningkatkan metabolisme adalah sebagai berikut:

Alpukat

Alpukat kaya akan lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal yang sehat dan bisa meningkatkan rasa kenyang. Untuk orang-orang yang kelebihan berat badan, alpukat akan membantu merasa lebih puas dan mengurangi keinginan untuk makan di jam-jam setelah makan. Berkat kandungan anti-inflamasi yang ada di dalamnya, alpukat dapat mengurangi peradangan yang mengganggu banyak fungsi tubuh yang berbeda termasuk metabolisme.

Telur

Telur dapat membantu mencegah rasa lapar karena makanan ini merupakan sumber protein dan lemak sehat yang sangat baik. Telur memiliki kandungan kalori yang rendah dan termasuk sumber vitamin B yang bagus untuk meningkatkan metabolisme. Kandungan vitamin B dalam telur akan membantu mengubah makanan yang Anda makan menjadi energi dan memproses kalori dengan lebih baik.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan protein dan bisa membantu tubuh merasa kenyang. Selain itu, kacang-kacangan juga kaya akan asam amino yang merupakan bahan pembangun protein untuk membantu menjaga massa otot dan membakar lebih banyak kalori saat tubuh beristirahat. Plus, kacang-kacangan tinggi akan kandungan serat yang bermanfaat untuk membantu mengisi tubuh dengan lebih sedikit kalori sehingga Anda bisa makan lebih sedikit secara keseluruhan atau kenyang lebih lama tanpa merasa lapar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER