Keluarga

Anda Merasa Mudah Lapar? Inilah 7 Penyebabnya yang Perlu Anda Ketahui

Anda Merasa Mudah Lapar? Inilah 7 Penyebabnya yang Perlu Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Rasa lapar biasanya muncul 2 jam setelah Anda makan terakhir kali. Ini akan ditandai dengan perut yang keroncongan, energi yang menurun, dan bahkan perasaan gelisah.

Namun, apa jadinya jika perut kembali merasa lapar padahal Anda baru saja makan sesuatu?

Ternyata, perasaan mudah lapar dapat mengindikasikan tubuh sedang kekurangan sesuatu penting yang seharusnya dipenuhi dengan cukup.

Dilansir dari laman Cleveland Clinic, seorang ahli diet terdaftar bernama Julia Zumpano, RD, memaparkan hal-hal apa saja yang bisa menyebabkan perasaan mudah lapar. Berikut penjelasannya.

Baca Juga: 5 Bahan Alami yang Efektif untuk Melebatkan Bulu Mata, Tertarik Mencoba?

1. Kurang tidur

Tidur akan membantu mengatur ghrelin atau hormon perangsang nafsu makan. Saat Anda tidak cukup tidur, itu akan memengaruhi ghrelin dan membuat Anda merasa mudah lapar sekaligus menyebabkan penambahan berat badan.

Mengingat tidur merupakan cara yang sangat ideal untuk membuat sistem tubuh sembuh dan beregenerasi, maka pastikan Anda tidur selama 7-9 jam per hari. Apabila Anda tidak bisa tidur sepanjang malam, usahakan untuk tidur siang sebentar atau sekadar mengistirahatkan tubuh Anda.

2. Tidak mengonsumsi protein dengan cukup

Penyebab perut mudah lapar yang selanjutnya adalah tidak mengonsumsi protein dengan cukup. Padahal, protein merupakan salah satu dari makronutrien (selain karbohidrat dan lemak) yang dibutuhkan tubuh untuk memberikan energi. Selain itu, protein juga dapat membantu mengisi bahan bakar tubuh dan membuat Anda merasa kenyang.

Saat protein dipadukan dengan karbohidrat kompleks, itu akan memperlambat laju glukosa. Alhasil, tubuh akan mengalami peningkatan dan penurunan secara bertahap yang membuat Anda merasa lebih tenang sekaligus puas.

3. Terlalu banyak makan karbohidrat olahan

Karbohidrat olahan seperti tepung putih dan nasi putih telah diproses dan kehilangan banyak nutrisi maupun seratnya. Makan terlalu banyak karbohidrat olahan dapat meningkatkan gula darah dan tidak akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Mungkin, Anda dan sebagian besar orang lainnya cenderung mendambakan karbohidrat dan gula untuk meningkatkan energi. Akibatnya, Anda pun menggunakan makanan-makanan tersebut untuk menciptakan energi yang bertentangan dengan sumber energi alami Anda.

4. Diet rendah lemak

Makanan yang tinggi asam lemak omega-3 seperti salmon, tuna, sarden, kenari, atau biji rami dapat membantu nafsu makan. Jika Anda kekurangan lemak sehat tersebut dalam diet Anda, itu dapat meningkatkan keinginan untuk mengonsumsi karbohidrat dan makanan tinggi gula.

Dikarenakan lemak termasuk salah satu makronutrien, pastikan Anda tidak lupa untuk memasukkannya ke dalam menu makan Anda bersamaan dengan karbohidrat dan protein supaya Anda merasa puas dan kenyang lebih lama.

Baca Juga: 5 Tips Skincare untuk Mencegah Kanker Kulit, Yuk Praktikkan!

5. Kekurangan serat

Serat sangat baik bagi tubuh untuk banyak alasan. Sifatnya yang mengembang di perut menjadikan serat sangat penting untuk dikonsumsi dengan cukup karena bisa merangsang perasaan kenyang lebih awal.

Apabila selama ini Anda kerap merasa mudah lapar, bisa jadi tubuh Anda kekurangan serat. Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi Anda untuk mencari makanan tinggi serat seperti buah-buahan, sayuran, lentil, kacang-kacangan, dan gandum tatkala lapar melanda guna membantu melepaskan hormon penurun nafsu makan.

6. Tidak minum air dengan cukup

Banyak orang merasa seperti lapar padahal mereka hanya sedang kehausan. Jadi, cobalah untuk minum air terlebih dahulu saat perut terasa lapar alih-alih langsung memakan sesuatu.

Pastikan untuk minum air putih sepanjang hari guna membuat tubuh tetap terhidrasi sekaligus mencegah rasa lapar yang tak terkendali. Adapun jumlah air yang disarankan untuk Anda minum per hari yakni 64 ons atau sekitar 1,8 liter.

7. Stres

Saat Anda stres, tubuh akan melepaskan hormon kortisol yang mana hormon ini juga bisa meningkatkan rasa lapar.

Itulah sebabnya banyak orang yang mengalami stres mendambakan makanan tinggi gula, lemak, atau keduanya. Gejala lain yang dapat menyertai stres selain perasaan mudah lapar di antaranya ledakan marah, kelelahan, sakit kepala, masalah tidur, dan sakit perut.

Moms, itulah 7 hal yang bisa menyebabkan perasaan mudah lapar. Selain ketujuh hal di atas, rasa mudah lapar juga bisa disebabkan oleh berbagai kondisi kesehatan seperti diabetes, gula darah rendah, kehamilan, hingga masalah tiroid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News