Keluarga

5 Cara Jitu Mengolah Rendang Agar Empuk dan Bumbunya Meresap

5 Cara Jitu Mengolah Rendang Agar Empuk dan Bumbunya Meresap

MOMSMONEY.ID - Inilah sederet cara dan tips mengolah rendang agar berdaging empuk dan bumbunya meresap sampai ke dalam.

Rendang adalah salah satu menu sajian wajib saat lebaran tiba. Meski begitu, banyak orang yang malas masak rendang karena rumit dan memakan waktu lama.

Tapi tak perlu khawatir, berikut MomsMoney berikan tips mengolah rendang anti gagal. Melansir dari Royco, berikut artikelnya.

Baca Juga: Kenapa Keju Swiss ala Tom n Jerry Berlubang? Penyebabnya Tak Lagi Misteri

Pilih bagian daging yang tepat

Pemilihan bagian daging rupanya menjadi tips mengolah rendang yang paling utama, karena akan menentukan empuk atau tidaknya hasil masakan rendang nanti.

Saat memilih bagian daging intuk olahan rendang, maka hindari bagian-bagian daging yang super empuk seperti has dalam, contohnya.

Meski has dalam bikin olahan rendang jadi empuk, namun rupanya waktu memasak rendang yang lama jadi bahan pertimbangan. Daging bagian has dalam yang lunak akan lebih mudah hancur jika dimasak lebih dari 4 jam.

Maka solusinya, gunakan bagian daging lainnya yang bertekstur lunak namun padat, seperti bagian paha sapi, terutama paha bagian luar.

Tips tambahan dari Wiliam Wongso yang dilansir dari Wonderful Indonesia, bagian sengkel atau betis sapi juga merupakan bagian daging terbaik karena mengandung kolagen yang bisa bikin olahan rendang lebih empuk.

Baca Juga: 6 Cara Mengolah Daging Sapi Pakai Bahan Tradisional Agar Empuk dan Mudah Dikunyah

Rendang daging

Buat bumbu halus dengan tepat

Salah satu tips mengolah rendang supaya masakannya enak tentu terletak pada bumbunya.

Pilihlah bumbu dari bahan rempah yang masih segar dan belum layu. Semakin segar rempah yang dipilih, maka semakin lezat rasa rendang & masa simpannya pun jadi jauh lebih lama.

Selain itu, bumbu rempah harus diolah dengan cara digiling, bukan diblender. Tujuannya agar aroma rempah lebih terasa, serta minyak alami dari bumbu dapat keluar sempurna. Inilah yang membuat daging rendang terasa lebih sedap.

Baca Juga: 6 Tips Sederhana Simpan Beras Supaya Bebas Kutu, Moms Wajib Tahu!

Perhatikan tahapan memasak

Tips mengolah rendang supaya empuk dan enak salah satunya dengan memperhatikan langkah memasak.

Setelah Anda beres menggiling bumbu halus, maka langkah selanjutnya adalah Anda harus mulai memasak santan. Maka tuangkan santan lalu bumbu halus ke dalam wajan. Masak hingga minyak alami dari bumbu mulai keluar.

Jika minyak alami dari bumbu belum keluar, maka jangan dulu memasukkan daging sapi ke dalam wajan.

Memasukkan daging sapi ke wajan sebelum waktunya hanya akan membuat rendang jadi kurang sedap.

Baca Juga: 6 Perbedaan Gula Aren, Gula Jawa, dan Gula Merah yang Harus Anda Ketahui

Takaran santan

Tips mengolah rendang supaya dagingnya empuk dan terasa lebih gurih, maka takaran serta penggunaan santan pun wajib diperhatikan.

Gunakan perbandingan daging dan santan 1 : 3, yaitu perbandingan setiap 1 kg daging sapi dimasak dengan santan kental dari 3 butir kelapa.

Untuk menambahkan cita rasa pedas, maka perbandingannya menjadi setiap 1 kg daging sapi menggunakan 250 gram cabai serta santan kental yang setara dengan 4 butir kelapa.

Baca Juga: Chia Seed vs Biji Selasih, Ini 6 Perbedaan Utama Tampilan, Rasa, hingga Kandungannya

Gunakan Api Kecil

Tips penting lainnya dalam mengolah rendang agar berdaging empuk dan rasanya gurih adalah memasaknya harus menggunakan api kecil

Masaklah rendang dengan sabar menggunakan api kecil selama 4 jam agar bumbu meresap dan tidak mudah gosong.

Apabila Moms suka dengan daging rendang yang kering dan tak berkuah, maka Moms bisa memasak rendang selama 5-6 jam.

Baca Juga: 6 Cara Mengurangi Minyak yang Menempel pada Makanan yang Digoreng

Jangan memasak rendang dalam waktu kurang dari 4 jam. Jika Moms memasak rendang hanya dalam waktu 4 jam, maka Moms bukan menyajikan Rendang, melainkan Kalio, yakni rendang setengah jadi dengan bumbu basah (berminyak) yang menggumpal banyak.

Jangan lupa aduk rendang secukupnya saja dan jangan terlalu sering agar daging tak mudah hancur. Cukup aduk rendang hanya untuk memastikan bahwa dagingnya tak gosong.

Itu dia sederet tips mengolah rendang supaya empuk dan enak untuk disajikan Idul Fitri nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News