HOME, Bugar

5 Cara Ampuh Menghilangkan Ngantuk saat Bekerja

5 Cara Ampuh Menghilangkan Ngantuk saat Bekerja

MOMSMONEY.ID - Kesibukan sering kali membuat banyak orang tidak dapat mencukupi kebutuhan tidur pada malam hari. Akibatnya, rasa kantuk menyerang dari pagi hingga sore hari dan mengganggu produktivitas Anda.

Cara menghilangkan ngantuk saat kerja di kantor bisa dengan rutin bergerak, minum kopi, minum air putih, makan camilan sehat, hingga tidur siang. Mengetahui cara menahan ngantuk saat bekerja dapat membantu Anda tetap segar dan kembali beraktivitas secara produktif.

Simak berbagai cara menghilangkan ngantuk saat kerja di kantor berikut ini.

Baca Juga: Moms, Tidak Pakai Obat Batuk, Ini Cara Mengurangi Batuk Berdahak

1. Luangkan waktu bergerak 

Banyaknya pekerjaan tak jarang membuat Anda merasa jenuh dan mengantuk.Untuk itu, Anda disarankan meluangkan waktu untuk bergerak di sela-sela pekerjaan sebagai cara menghilangkan ngantuk saat kerja.

Anda disarankan untuk bangkit dari bangku kerja entah untuk berjalan-jalan di dalam kantor, pergi ke toilet, mengangkat telepon, atau mengunjungi meja rekan kerja guna mendiskusikan pekerjaan yang sedang dikerjakan bersama.

2. Makan camilan sehat

Ketimbang kopi dan makanan manis, camilan sehat merupakan pilihan terbaik untuk dikonsumsi ketika merasa ngantuk.

Kafein pada kopi memang dapat menghilangkan kantuk, tetapi efeknya justru membuat kualitas tidur menurun. Sementara itu, gula pada makanan manis justru dapat membuat tubuh jadi cepat lelah.

3. Minum kopi

Minum kopi menjadi cara menahan ngantuk saat bekerja yang paling sering dilakukan banyak orang saat sedang dikejar deadline pekerjaan.

Kopi mengandung kafein yang dapat meningkatkan aktivitas otak dan sistem saraf sehingga membuat tubuh Anda tetap terjaga.

Baca Juga: Cara Menjaga Imunitas Tubuh Tetap Kuat Setelah Melakukan Vaksinasi Covid-19

4. Perbaiki kualitas tidur

Sesekali mengantuk saat kerja memang hal yang wajar. Namun, jika kamu terlalu sering mengalaminya, bisa jadi ada yang salah dengan pola dan kualitas tidurmu.

Anda bisa memulainya dengan membatasi aktivitas pada malam hari dan hindari aktivitas dengan gawai seperti ponsel atau laptop, dan tidur setidaknya 7 jam setiap malamnya.

5. Minum air putih yang cukup

Walaupun minum kopi dapat dijadikan sebagai cara mengatasi ngantuk di kantor, jangan lupa juga untuk minum air putih yang cukup. Tak hanya lebih sehat, mencukupi asupan tubuh dengan air putih dapat membuat Anda tetap segar sepanjang hari.

Jika waktu tidur di malam hari sudah tercukupi dan cara mengatasi ngantuk di kantor tidak kunjung membuahkan hasil, tak ada salahnya memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab keluhan Anda.

Pasalnya, dalam beberapa kasus, rasa kantuk terus-menerus bisa menjadi tanda penyakit tertentu.

Selanjutnya: Kenali Posisi Tidur dan Pengaruhnya untuk Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News