HOME, Bugar

Cara Menjaga Imunitas Tubuh Tetap Kuat Setelah Melakukan Vaksinasi Covid-19

Cara Menjaga Imunitas Tubuh Tetap Kuat Setelah Melakukan Vaksinasi Covid-19

MOMSMONEY.ID - Vaksinasi Covid-19 menjadi cara efektif untuk menurunkan angka pandemi yang masih terus meningkat. Sebaiknya jangan ragu menerima vaksin Covid-19 agar manfaatnya bisa Anda rasakan dengan baik.

Menurut artikel dari Kementerian Kesehatan RI, vaksinasi tidak menjamin 100% penularan Covid-19, tetapi sebagai upaya tambahan di dalam tubuh untuk mengurangi risiko terpapar Covid-19.

Nah, berikut ini cara menjaga daya tahan tubuh setelah vaksin COVID-19.

1. Minum suplemen setiap hari

Konsumsi suplemen daya tahan tubuh setiap hari, salah satu upaya untuk menjaga daya tahan tubuh setelah memperoleh vaksin Covid-19. Beberapa vitamin yang dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh adalah vitamin C, D, dan zinc.

Menurut penelitian dalam jurnalFrontiers in Nutrition, konsumsi vitamin C, D, dan zinc yang cukup dapat mendukung daya tahan tubuh dalam melawan penyakit secara umum.

Kombinasi vitamin C, D, dan zinc ini membantu respons imun tubuh dalam meredam peradangan akibat infeksi virus pernapasan.  

Baca Juga: Yuk, Simak Panduan Vaksinasi Covid-19 untuk Ibu Hamil

2. Istirahat yang cukup

Gunakan waktu sebaik mungkin untuk beristirahat sebagai cara menjaga daya tahan tubuh setelah vaksin Covid-19.

UNICEF merekomendasikan, tidur berkualitas tujuh sampai delapan jam setiap malamnya membantu respons imun tubuh membangun perlindungan dan mekanisme pertahanan tubuh.

Kurang tidur terus-menerus dapat menyebabkan penurunan imun tubuh, sehingga tubuh lebih mudah terinfeksi penyakit. Karena tak ada waktu yang cukup bagi imun untuk membentuk garda pertahanan tubuh.

Meskipun Anda bekerja dari rumah, beri jeda tubuh untuk istirahat. Ingatlah untuk jangan terlalu lelah bekerja, karena hanya Anda masih harus diri sendiri dan keluarga dari penyakit di tengah pandemi ini.

3. Konsumsi makanan sehat

Mengonsumsi makanan sehatmenjadi cara tepat untuk meningkatkan imun tubuh setelah vaksin. Nutrisi yang didapatkan dari makanan, seperti buah, sayur, hingga rempah membantu meningkatkan dan menjaga sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik. 

Makanan yang berasal dari tanaman juga memiliki sifat antivirus dan antimikroba yang dapat membantu tubuh melawan infeksi.

Anda bisa mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin A, C, E, B6, B12, seng, folat, zat besi, selenium, dan tembaga yang bisa membantu menjaga kesehatan imun tubuh.

4. Rutin berolahraga

Hal yang tidak boleh dilewatkan untuk meningkatkan imun tubuh adalah berolahraga. Lakukan olahraga secara rutin mulai dari yang ringan. 

Olahraga juga meningkatkan pelepasan hormon endorfin yang mampu menurunkan rasa nyeri dan meningkatkan perasaan senang.

Baca Juga: Waspadai Komorbid Pada Penderita Covid-19, Ketahui Macam-Macamnya

5. Protokol kesehatan 5M

Tetap taat protokol kesehatan saat di luar rumah untuk meminimalkan risiko penularan. Kementerian Kesehatan RI mengimbau masyarakat untuk menerapkan prokes 5M, yaitu:

  • Memakai masker
  • Menjaga jarak
  • Mencuci tangan
  • Menghindari kerumunan
  • Mengurangi mobilitas

Lima langkah pencegahan ini menjadi salah satu cara utama perlindungan dari luar tubuh terhadap penularan Covid-19.  

Itulah cara meningkatkan imun tubuh setelah vaksin. Nah, lima cara penting di atas bisa Anda terapkan untuk menjaga daya tahan tubuh setelah vaksin Covid-19.

Sekali lagi, jangan kendor terhadap kesehatan tubuh, termasuk protokol kesehatan. Selalu jaga kesehatan di tengah pandemi, demi diri Anda dan keluarga.

Selanjutnya: Tak Hanya Mencegah Sembelit, Banyak Sekali Manfaat Salak untuk Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News