Keluarga

5 Bahan Alami yang Ampuh Membersihkan Makeup

5 Bahan Alami yang Ampuh Membersihkan Makeup

MOMSMONEY.ID - Setelah seharian memakai makeup, jangan lupa untuk segera membersihkannya terutama saat Anda hendak tidur ya, Moms. Hal ini dilakukan untuk mencegah pori-pori tersumbat, jerawat, serta penuaan dini.

Di pasaran, ada beragam produk pembersih makeup atau makeup remover yang bisa Anda pilih. Mulai dari micellar water, cleansing milk, cleansing balm, cleansing oil, hingga facial wipes.

Namun, apa jadinya jika makeup remover yang biasa Anda pakai tiba-tiba habis dan lupa untuk membelinya? Tenang, alih-alih tidak membersihkan makeup sama sekali karena kehabisan makeup remover, alangkah baiknya mencoba alternatif pembersih makeup dari bahan alami yang biasa ditemukan di rumah.

Melansir Byrdie, inilah 5 bahan alami yang bisa Anda coba untuk membersihkan makeup.

Baca Juga: Ketahui 6 Manfaat Kolagen untuk Rambut Berikut Ini

1. Minyak kelapa

Bahan alami pertama yang bisa Anda manfaatkan untuk membersihkan makeup adalah minyak kelapa. Minyak kelapa tergolong bagus dan efektif untuk membersihkan makeup yang memiliki formula waterproof.

Cara menggunakan minyak kelapa untuk membersihkan makeup pun terbilang simple. Anda hanya perlu mengaplikasikan minyak kelapa layaknya cleansing balm. Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat dan bersihkan kelebihan minyak kelapa pada wajah dengan waslap basah.

Namun, jika kulit berjerawat, pastikan untuk berhati-hati dalam menggunakan minyak kelapa sebagai pembersih makeup karena bahan ini berpotensi menyumbat pori-pori.

2. Jojoba oil

Jojoba oil merupakan pilihan bahan alami yang lebih baik untuk membersihkan makeup pada kulit yang berjerawat. Pasalnya, jojoba oil bersifat non-comedogenic atau tidak menyumbat pori-pori.

Kendati termasuk carrier oil atau minyak pembawa, namun jojoba oil tetap memiliki kemampuan tersendiri dalam hal merawat kulit termasuk menghapus makeup dan mengatur produksi sebum. Berkat kandungan vitamin A, vitamin D, vitamin E, antioksidan, dan asam lemak yang ada di dalamnya, jojoba oil mampu menghilangkan produk makeup yang membandel seperti maskara waterproof.

Aplikasikanlah jojoba oil secukupnya ke bagian wajah yang membutuhkan kemudian tunggu sebentar hingga meresap. Setelah jojoba oil meresap, bersihkan wajah dengan reusable makeup remover pad.

3. Sweet almond oil

Bahan alami selanjutnya yang bisa dijadikan sebagai pembersih makeup adalah sweet almond oil. Sama seperti jojoba oil, sweet almond oil juga kaya akan vitamin A dan vitamin E. Selain itu, bahan alami ini juga memiliki kemampuan untuk membersihkan kulit secara mendalam tanpa merusak.

Kelebihan lain dari sweet almond oil yaitu sifatnya yang sangat ringan sehingga aman untuk membersihkan makeup pada jenis kulit yang paling tempramental.

Jika Anda tertarik untuk membersihkan makeup menggunakan sweet almond oil, jangan lupa untuk memilih produk sweet almond oil bertipe cold-pressed dan unrefined guna mendapatkan kualitas minyak yang tinggi.

Baca Juga: 4 Tips Memilih Warna Lipstick dengan Tepat

4. Shea butter

Tak hanya bagus untuk melembabkan kulit kering, shea butter juga layak Anda pertimbangkan untuk menghapus makeup secara alami.

Shea butter memiliki sifat non-comedogenic dan tinggi akan kandungan asam lemak, antioksidan, serta vitamin. Sehingga, bahan alami ini cenderung cocok untuk semua jenis kulit.

Untuk membersihkan makeup menggunakan shea butter, gosok-gosok terlebih dahulu shea butter menggunakan ujung jari atau telapak tangan sebelum dioleskan ke wajah guna menghangatkan sekaligus memudahkannya untuk diaplikasikan. Kemudian, pijat-pijat shea butter yang sudah hangat ke kulit wajah dengan gerakan lembut. Terakhir, bilas seluruh wajah Anda dengan air hingga bersih.

5. Minyak zaitun

Minyak zaitun atau olive oil terkenal dengan kemampuannya yang sangat baik untuk kulit maupun rambut. Selain mampu melembabkan dan menghidrasi kulit, minyak zaitun juga bisa membantu membersihkan makeup.

Dalam hal membersihkan makeup, minyak zaitun tepat dipilih untuk menyingkirkan zat lilin lengket yang biasa terdapat pada maskara dan eyeliner waterproof.

Gunakan sedikit saja minyak zaitun lalu pijat-pijatkan ke wajah selama beberapa menit. Lanjutkan dengan menambahkan air dan gosok kembali wajah Anda secara lembut selama 1-2 menit sebelum akhirnya dibilas hingga bersih menggunakan air.

Moms, itulah 5 bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk membersihkan makeup tatkala makeup remover habis. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News