Ketahui 6 Manfaat Kolagen untuk Rambut Berikut Ini

Reporter: Ana Risma
Kamis, 11 Agustus 2022 | 18:47 WIB
Ketahui 6 Manfaat Kolagen untuk Rambut Berikut Ini

ILUSTRASI. 6 Manfaat Kolagen untuk Rambut.


MOMSMONEY.ID - Kolagen sebagaimana dikutip dari Healthline adalah protein paling melimpah di tubuh yang bermanfaat untuk membantu membentuk tendon, ligamen, dan kulit.

Walaupun tubuh mampu memproduksi kolagen, namun jumlah kolagen akan cenderung berkurang seiring bertambahnya usia. Saat jumlah kolagen dalam tubuh berkurang, itu dapat menyebabkan berbagai permasalahan termasuk penipisan dan kerontokan rambut.

Oleh sebab itu, Anda perlu mendapatkan asupan kolagen tambahan dari suplemen dan makanan seperti kaldu tulang guna memberikan 6 manfaat kolagen bagi rambut. Melansir MedicineNet, inilah penjelasan tentang 6 manfaat kolagen untuk rambut yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: 4 Tips Memilih Warna Lipstick dengan Tepat

1. Menyediakan asam amino untuk pertumbuhan rambut

Sebagian besar rambut terdiri dari keratin. Keratin sendiri merupakan protein yang berperan untuk membantu menjaga rambut tetap halus sekaligus mendorong pertumbuhan folikel rambut baru.

Untuk menghasilkan keratin, tubuh membutuhkan asam amino. Dan, kolagen terkenal dengan kandungan asam aminonya yang tinggi. Setelah kolagen dipecah oleh tubuh, itu akan menjadi asam amino yang kemudian digunakan untuk memproduksi keratin.

Dengan mengonsumsi suplemen kolagen yang tinggi akan kandungan asam amino berupa prolin, glisin, dan hidroksiprolin, itu dapat memberikan blok bangunan yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan folikel rambut baru.

2. Melawan kerusakan rambut akibat radikal bebas

Suplai kolagen dalam tubuh akan berkurang seiring bertambahnya usia. Akibatnya, tubuh menjadi lebih rentan terhadap faktor-faktor yang bisa mempercepat penuaan seperti radikal bebas.

Selain bisa merugikan kulit, paparan radikal bebas juga bisa menyebabkan kerusakan rambut.

Jenis kolagen tertentu seperti kolagen laut dapat bertindak sebagai antioksidan untuk mencegah radikal bebas pemicu kerusakan dan kerapuhan rambut.

3. Meningkatkan kesehatan kulit kepala

Penelitian telah menunjukkan bahwa kolagen mampu membantu menjaga pori-pori dan folikel rambut tetap berdekatan. Ini memastikan bahwa rambut mendapatkan nutrisi sebanyak mungkin dan membuatnya tumbuh lebih tebal sekaligus lebih sehat.

Dikarenakan rambut tumbuh dari dalam kulit, suplementasi kolagen peptida dapat mencegah penipisan rambut dengan cara meningkatkan elastisitas kulit.

Menurut beberapa penelitian, suplemen kolagen dapat meningkatkan sifat struktural kolagen yang bertanggung jawab untuk mengencangkan kulit kepala, dermal matrix precursors yang bertugas untuk bekerja sama memecah protein dalam kolagen, serta kolagen tipe I yang paling banyak ditemukan di rambut. Adapun ketiga faktor tersebut dapat membantu mencegah kerontokan rambut.

4. Memperkuat helai rambut

Kolagen bekerja dengan hyaluronic acid dalam tubuh untuk menghidrasi, memelihara, dan memperbaiki struktur dermis serta lingkungan folikel.

Saat Anda meningkatkan asupan kolagen, itu akan membantu memperkuat kulit kepala yang menghasilkan rambut lebih tebal, lebih sehat, dan lebih halus.

5. Memperlambat pertumbuhan uban

Penuaan akan mengurangi sintesis melanin yang merupakan pigmen untuk memberikan warna alami pada rambut.

Adapun proses penuaan dapat berlangsung lebih cepat akibat paparan radikal bebas dan bisa menyebabkan uban prematur.

Berkat sifat antioksidan yang terdapat di dalamnya, kolagen mampu membantu memerangi radikal bebas. Oleh sebab itu, disarankan bagi Anda untuk meningkatkan asupan kolagen jika Anda ingin mencegah atau memperlambat pertumbuhan uban.

6. Memberikan dampak positif pada siklus rambut

Manfaat kolagen untuk rambut yang terakhir adalah memberikan dampak yang positif pada siklus rambut.

Studi melaporkan bahwa ketika rambut rontok terdeteksi lebih awal, suplai suplemen kolagen sebelum siklus rambut memasuki tahap katagen dapat mencegah kerontokan rambut dan menjaga folikel rambut tetap tebal serta kuat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER