Keluarga

4 Tips Memilih Warna Lipstick dengan Tepat

4 Tips Memilih Warna Lipstick dengan Tepat

MOMSMONEY.ID - Sama halnya dengan foundation, pemilihan warna atau shade lipstick pun harus dilakukan dengan tepat. Ini dilakukan untuk menyeimbangkan tampilan wajah secara keseluruhan.

Warna lipstick yang tidak tepat rentan mendatangkan kesan kontras yang terlalu mencolok, tidak menyatu, atau terlalu artifisial. Itulah sebabnya proses pemilihan warna lipstick tidak boleh Anda lewatkan jika Anda ingin tampil maksimal.

Tidak sulit, ternyata memilih warna lipstick yang tepat bisa Anda lakukan dengan cepat asalkan Anda mengetahui tipsnya. Catat baik-baik, inilah 4 tips memilih warna lipstick dengan tepat yang perlu Anda ketahui sebagaimana dilansir dari Maybelline.

Baca Juga: 5 Manfaat Facial Massage yang Luar Biasa untuk Kulit Wajah

1. Tentukan skin tone Anda

Langkah pertama untuk memilih warna lipstick yang tepat adalah menentukan skin tone Anda. ada 5 jenis skin tone yang perlu Anda pahami yaitu fair, light, medium, tan, dan deep.

Untuk skin tone fair atau light, warna lipstick coral, peach, nude, dan dusty red sangat pas untuk Anda kenakan. Untuk pemilik skin tone medium, Anda bisa memilih warna lipstick berry, rose, cherry red, dan mauve.

Skin tone tan dapat terlihat memukau dengan lipstick berwarna merah terang, coral, dan pink tua. Sementara itu, para pemilik skin tone deep sangat cocok dengan lipstick berwarna cokelat dan ungu seperti plum, caramel, wine, dan blue-based red.

2. Pahami skin undertone Anda

Setelah menentukan skin tone, Anda juga perlu memahami jenis skin undertone Anda guna menemukan warna lipstick yang tepat. Ada 3 jenis skin undertone yang harus Anda tahu yaitu cool, warm, dan neutral.

Anda memiliki cool undertone jika terdapat rona merah muda, merah, atau kebiruan pada kulit Anda. Adapun warna lipstick yang cocok dengan cool undertone adalah lipstick bernuansa biru atau ungu.

Anda memiliki warm undertone jika terdapat rona kuning, emas, atau zaitun pada kulit Anda. Adapun warna lipstick yang cocok dengan warm undertone di antaranya fiery red, orange, dan copper.

Sedangkan Anda memiliki neutral undertone jika terdapat campuran rona kuning dan merah muda di dasar kulit Anda. Neutral undertone cocok dengan lipstick berwarna gelap hingga terang.

Baca Juga: Ini 5 Teh untuk Kulit Glowing yang Direkomendasikan oleh Dokter Naturopati

3. Perhatikan bentuk bibir Anda

Dalam memilih warna lipstick yang tepat, Anda juga perlu memerhatikan bentuk bibir Anda. Untuk bibir yang bagian atasnya lebih tebal, pakailah lipstick cerah di bibir bawah dan shade yang sedikit lebih gelap namun masih dalam satu warna yang sama di bibir atas.

Untuk bibir yang bagian bawahnya lebih tebal, Anda bisa mengaplikasikan lipstick berwarna apa saja yang sesuai dengan undertone Anda. Tepat pada bagian tengah bibir atas, aplikasikanlah lipstick dengan sedikit warna nude muda.

Jika bentuk bibir Anda asimetris, pastikan untuk terlebih dahulu menggunakan lip liner yang serupa dengan warna lipstick Anda guna membuat garis luar bibir. Untuk bibir tipis, gunakanlah lipstick dengan warna yang lebih terang dan hindari warna gelap atau mencolok. Jika bibir Anda montok, pilihlah lipstick berwarna lebih gelap dan hindari warna yang terlalu terang serta glossy.

4. Sesuaikan dengan warna rambut

Warna rambut memainkan peran yang besar dalam menentukan warna lipstick yang tepat. Pemilik rambut gelap dengan kulit terang akan terlihat paripurna dengan lipstick berwarna merah, cherry, plum, dan pink cerah. Di sisi lain, pemilik rambut pirang dengan kulit terang terlihat cocok dengan lipstick pink keunguan, dusty pink, light pink, dan merah.

Pemilik rambut merah dengan kulit terang akan tampak menarik jika mengenakan lipstick berwarna salmon pink, coral, terracotta, dan burnt sienna.

Untuk pemilik rambut gelap dengan kulit gelap, Anda bisa memilih lipstick ochre, terracotta, golden beige, atau bronze. Pemilik rambut pirang dengan kulit gelap cocok dipasangkan dengan lipstick warm pink, salmon pink, caramel, dan ochre. Sementara itu, warna lipstick yang tepat untuk pemilik rambut cokelat dengan kulit medium adalah beige, coral, salmon pink, dan deep dusty pink.

Itulah 4 tips memilih warna lipstick dengan tepat yang patut Anda praktikkan. Semoga bermanfaat ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News