Keluarga

Ini 5 Teh untuk Kulit Glowing yang Direkomendasikan oleh Dokter Naturopati

Ini 5 Teh untuk Kulit Glowing yang Direkomendasikan oleh Dokter Naturopati

MOMSMONEY.ID - Kulit glowing bisa didapatkan dari dalam dengan cara mengonsumsi makanan dan minuman yang terbukti bernutrisi bagi kulit. Salah satu minuman yang mampu menciptakan kulit glowing dari dalam adalah teh.

Meskipun begitu, tidak sembarang teh bisa Anda minum untuk mendapatkan kulit glowing. Melansir laman The Spa Dr., ada 5 jenis teh yang direkomendasikan oleh seorang dokter naturopati bernama Dr. Trevor Cates untuk membuat kulit glowing.

Simak baik-baik, inilah 5 teh untuk kulit glowing sebagaimana direkomendasikan oleh Dr. Trevor Cates.

Baca Juga: Kehabisan Makeup Remover? 5 Bahan Alami Ini Bisa Dicoba Sebagai Penggantinya

1. Teh akar burdock

Teh akar burdock

Teh untuk kulit glowing yang pertama adalah teh akar burdock. Teh ini merupakan teh herbal yang terbuat dari akar tanaman burdock. Sejak zaman dahulu, akar burdock dipercaya mampu mendukung sistem pencernaan, kemih, dan limfatik.

Bagi kulit, teh akar burdock merupakan pilihan yang tepat untuk membuat kulit glowing. Pasalnya, antioksidan bioaktif dalam akar burdock dapat merangsang sirkulasi darah yang sehat dan melawan efek kerusaakan radikal bebas yang berperan dalam kematian sel, penuaan dini, gangguan autoimun, dan respons peradangan tubuh.

Teh akar burdock layak Anda coba terutama jika Anda memiliki kulit kering, jerawat, eksim, atau psoriasis.

2. Teh akar chicory

Teh akar chicory

Teh untuk kulit glowing yang kedua adalah teh akar chicory. Akar chicory segar terdiri dari 70% inulin atau sejenis serat tidak larut yang bertindak seperti prebiotik dengan memberi makan bakteri menguntungkan pada usus.

Adapun bakteri menguntungkan berperan dalam kesehatan usus, pergerakan usus yang sehat, menstabilkan gula darah, dan menyehatkan kulit.

Selain itu, teh akar chicory juga mengandung beta-karoten yang bermanfaat sebagai antioksidan serta photoprotecting untuk membantu meningkatkan perlindungan kulit dari sinar matahari.

3. Teh fennel

Teh adas

Teh untuk kulit glowing yang ketiga adalah teh fennel. Fennel atau adas mengandung sejumlah mineral berharga seperti zinc, kalsium, dan selenium yang mampu membantu menciptakan kulit yang glowing sekaligus sehat. Sebuah studi tentang manfaat teh fennel menemukan bahwa teh ini memiliki hubungan dengan sifat pendukung kulit seperti aktivitas antioksidan, anti-jamur, dan anti-inflamasi.

Di sisi lain, teh fennel juga mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, B3, C, dan E. Vitamin A akan diubah menjadi retinol di hati dan merangsang produksi sel kulit baru. Vitamin B3 atau niasin berperan dalam mempromosikan sel-sel kulit baru yang sehat untuk memperbaiki warna dan tekstur kulit serta membantu mengurangi beberapa tanda penuaan kulit dengan cara melawan radikal bebas.

Sementara itu, vitamin C dan E dalam teh fennel dapat menetralisir radikal bebas dan melindungi kulit dari kerusakan.

Baca Juga: 4 Kesalahan Menggunakan Maskara yang Harus Anda Hindari

4. Teh dandelion

Teh dandelion

Teh untuk kulit glowing yang keempat adalah teh dandelion. Teh dandelion memiliki kandungan antiseptik serta dikemas dengan antioksidan dan sifat diuretik yang dapat menjadi senjata ampuh untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin C dalam teh dandelion mengandung antioksidan yang kuat untuk membantu membersihkan tubuh dari racun, melindungi sel-sel kulit dari kerusakan, mengurangi peradangan, dan mempercepat proses penyembuhan.

Menurut penelitian, semua bagian tanaman dandelion mengandung banyak senyawa anti-inflamasi dan antioksidan alami. Minum teh dandelion secara teratur dapat meningkatkan kesehatan kulit yang lebih baik secara keseluruhan dengan cara mengurangi peradangan.

5. Teh rooibos

Teh rooibos

Teh untuk kulit glowing yang terakhir adalah teh rooibos. Teh rooibos tinggi akan antioksidan termasuk aspalathin dan quercetin. Aspalathin dalam teh rooibos mampu membantu menyeimbangkan kadar gula darah dan mengurangi resistensi insulin yang dikaitkan dengan masalah kulit dan rambut termasuk jerawat, hiperpigmentasi, skin tag, serta rambut rontok.

Quercetin dalam teh rooibos merupakan bioflavonoid yang sangat bermanfaat untuk memberikan perlindungan terhadap cedera jaringan kulit seperti bintik-bintik penuaan, spider veins, dan kerutan.

Teh rooibos secara alami bebas kafein, rendah tanin, dan tidak mengandung asam oksalat. Itulah sebabnya teh rooibos termasuk alternatif yang sangat baik untuk menggantikan kopi, teh hitam, maupun teh hijau. Adapun kandungan tanin dan asam oksalat yang ditemukan dalam teh hitam dan teh hijau dapat mengganggu penyerapan nutrisi dan mineral tertentu yang bisa berdampak negatif pada fungsi kulit yang sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News