HOME, Bugar

5 Bahan Alami untuk Mengobati Penyakit Kurap

5 Bahan Alami untuk Mengobati Penyakit Kurap

MOMSMONEY.ID - Kurap merupakan gangguan pada kulit yang ditandai dengan ruam merah meradang. Ruam kulit yang muncul terkadang disertai sisik dan bentuknya bulat menyerupai cincin, sehingga disebut juga ringworm, dilansir dari Skin Health Institute. 

Sama halnya dengan penyakit kulit lain, kurap bisa menular dari manusia ke manusia atau akibat menyentuh benda berjamur, seperti handuk lembap, juga hewan peliharaan.

Kurap umumnya diobati menggunakan salep antijamur. Obat ini bisa dibeli dengan atau tanpa resep dokter. Gunakan selama minimal dua minggu, atau sesuai indikasi keparahan. 

Baca Juga: Kenali Jenis-Jenis Dermatitis yang Perlu Anda Ketahui

Selama penggunaan obat, gunakan pakaian berbahan menyerap keringat dan tidak ketat. Namun, jika kurap terjadi dalam intensitas ringan, berikut ini sejumlah bahan alami yang dapat mengatasi kurap:

1. Minyak sereh

Ekstrak minyak sereh dan teh sereh bersifat antijamur yang dapat mengobati infeksi kulit jamur, seperti kurap. Untuk menggunakan minyak sereh, campur beberapa tetes minyak sereh dengan minyak nabati.

Oleskan langsung ke kulit dua kali sehari. Kantung teh sereh yang diseduh juga dapat dioleskan secara langsung ke kulit yang terinfeksi.

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat antijamur yang dapat membantu mengobati infeksi kurap dan infeksi jamur lain, seperti candidiasis.

Minyak kelapa menjadi pengobatan yang tepat untuk kurap karena mudah diaplikasikan ke kulit kepala dan dapat berfungsi pula sebagai kondisioner. 

3. Cuka sari apel

Cuka sari apel memiliki sifat antijamur yang kuat, sehingga dapat membantu mengobati kurap bila dioleskan ke daerah yang terinfeksi.

Untuk menggunakannya, rendam bola kapas dalam cuka sari apel yang tidak dilarutkan dan oleskan kapas ke kulit. Lakukan proses ini 3 kali sehari agar hasilnya maksimal.

Baca Juga: Bahayanya Tungau Kasur untuk Tubuh dan Cara Mengatasinya

4. Kunyit

Kunyit bersifat antibakteri, antiinflamasi, dan antijamur, sehingga dapat digunakan untuk mengobati kurap. Campurkan kunyit segar atau bumbu kunyit dengan sedikit air dan aduk hingga menjadi pasta. Oleskan pasta kunyit pada kurap dan biarkan sampai kering.

5. Bawang putih

Bawang putih adalah salah satu bahan alami untuk menghilangkan kurap yang dapat Anda temukan dengan mudah di rumah. 

Beberapa hasil studi membuktikan keefektifannya dalam membasmi berbagai infeksi jamur, seperti jamur Candida, Torulopsis, Trichophyton, dan Cryptococcus.

Cara menggunakan bawang putih sebagai obat kurap alami adalah dengan menghaluskan beberapa siungnya. Kemudian Oleskan campuran tersebut pada area kulit yang terkena kurap, lalu tutup menggunakan kain kasa.  

Bila bahan-bahan di atas tidak membantu dan kurap yang Anda alami tak kunjung membaik, sebaiknya periksakan diri ke dokter. 

Jika kondisi kurap tergolong parah, dokter mungkin akan meresepkan obat antijamur oral sebagai cara mengobati kurap paling ampuh yang harus Anda minum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News