Keluarga

5 Alasan Mengapa Kulit Membutuhkan Ceramide, Ini Daftar Makanan Tinggi Ceramide

5 Alasan Mengapa Kulit Membutuhkan Ceramide, Ini Daftar Makanan Tinggi Ceramide

MOMSMONEY.ID - Alasan mengapa kulit membutuhkan ceramide dan daftar makanan tinggi ceramide yang patut Anda konsumsi.

Ceramide adalah jenis lemak yang lazim di lapisan paling atas kulit. Layaknya lem, ceramide bisa menyatukan sel-sel kulit untuk menjaga skin barrier tetap utuh.

Ceramide memiliki peran penting bagi struktur, perlindungan, serta permeabilitas kulit. Itulah sebabnya, kulit sangat membutuhkan jumlah ceramide yang cukup.

Lebih lanjut, inilah 5 alasan mengapa kulit membutuhkan ceramide dan daftar makanan tinggi ceramide yang patut Anda konsumsi, dilansir dari HUM Nutrition:

Baca Juga: 4 Cara Memilih Body Lotion Sesuai Jenis Kulit dengan Tepat, Jangan Sampai Salah

1. Ceramide mampu mempertahankan skin barrier

Kulit adalah organ terbesar tubuh sekaligus lapisan pertahanan pertama dari cuaca, racun berbahaya, bakteri, virus, dan masih banyak lagi. Jika jumlah ceramide di lapisan atas kulit berkurang, penghalang kulit atau skin barrier pun akan terganggu.

Akibatnya, Anda bisa menjadi lebih rentan terhadap iritasi yang menyebabkan peradangan maupun infeksi. Bahkan, skin barrier yang terganggu akibat kekurangan ceramide dapat menyebabkan kekeringan, kemerahan, pengelupasan, hingga jerawat.

2. Ceramide mampu meningkatkan level hidrasi kulit

Salah satu peran ceramide adalah menjaga permeabilitas air pada kulit. Ini membantu mengunci kelembaban agar kulit tetap terhidrasi dengan baik.

Kadar ceramide yang rendah dikaitkan dengan kondisi kulit kering termasuk eksim. Satu studi menemukan enzim yang terlibat dalam defisiensi ceramide meningkat pada keadaan sakit seperti dermatitis atopik.

Apabila Anda tidak mau kulit menjadi kering, kasar, atau bersisik, pastikan untuk menambah asupan ceramide atau mengaplikasikannya secara topikal.

3. Ceramide mampu mengurangi garis-garis halus dan kerutan

Karena ceramide membantu mengontrol tingkat hidrasi pada kulit, maka kekurangan ceramide bisa menyebabkan atau memperjelas garis-garis halus dan kerutan.

Selain meningkatkan produksi kolagen, mempertahankan konsentrasi ceramide yang cukup pada kulit juga penting dilakukan.

Pasalnya, konsentrasi ceramide yang cukup dapat meningkatkan hidrasi untuk membuat kulit tampak muda dan bercahaya.

Baca Juga: 5 Jenis Kulit Wajah dan Cara Membedakannya dengan Mudah, Sudah Tahu?

4. Ceramide mampu melindungi kulit dari kerusakan UV

Paparan sinar matahari dapat merusak kulit serta meningkatkan kemunculan keriput, bintik-bintik hitam, dan garis-garis halus.

Kabar baiknya, ceramide mampu membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Produk yang mengandung ceramide dapat membantu mengurangi peradangan dan memperbaiki skin barrier.

Jika Anda sering terpapar sinar matahari, jangan ragu memakai pelembab ceramide karena kulit Anda membutuhkannya untuk terbebas dari masalah pigmentasi akibat sinar matahari.

5. Ceramide mampu meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan

Para ahli menemukan banyak kondisi peradangan seperti jerawat, psoriasis, dermatitis, dan eksim berhubungan dengan perubahan jumlah protein. Adapun perubahan jumlah protein berkorelasi dengan kadar ceramide yang lebih rendah pada kulit.

Untuk senantiasa sehat, kulit membutuhkan jumlah ceramide yang cukup. Ahli menyarankan untuk menggunakan produk skincare topikal yang mengandung ceramide. Atau, konsumsilah suplemen ceramide untuk meningkatkan asupan ceramide yang dibutuhkan.

Supaya jumlah ceramide pada kulit Anda meningkat atau terjaga, Anda bisa menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung ceramide seraya mengonsumsi makanan tinggi ceramide.

Daftar makanan tinggi ceramide

  • Produk susu seperti susu, yogurt, kefir, dan keju
  • Telur
  • Ubi jalar
  • Kedelai
  • Bibit gandum
  • Jagung
  • Beras merah
  • Buah persik putih (white peach)

Itulah 5 alasan mengapa kulit membutuhkan ceramide dan daftar makanan tinggi ceramide yang patut Anda konsumsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News