Keluarga

5 Jenis Kulit Wajah dan Cara Membedakannya dengan Mudah, Sudah Tahu?

5 Jenis Kulit Wajah dan Cara Membedakannya dengan Mudah, Sudah Tahu?

MOMSMONEY.ID - Inilah penjelasan tentang 5 jenis kulit wajah dan cara membedakannya, simak yuk!

Dengan mengetahui jenis kulit wajah sendiri, Anda dapat menentukan rutinitas skincare yang paling sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

Sebaliknya, perawatan kulit yang tidak tepat bukan hanya akan membuang-buang waktu dan uang, tetapi juga bisa memperburuk permasalahan kulit yang sudah ada atau mendatangkan masalah kulit baru.

Nah, sebelum memilih produk skincare tertentu, ketahui dulu 5 jenis kulit wajah dan cara membedakannya sebagaimana dirangkum dari Ipsy berikut ini.

Baca Juga: 6 Fashion Item Ini Bakal Jadi Tren Fashion 2023, Cari Tahu Yuk

1. Kulit normal

Kulit Glowing

Jenis kulit wajah yang pertama adalah kulit normal. Bersyukurlah para pemilik kulit normal lantaran jenis kulit ini dapat bereksperimen dengan lebih banyak produk kecantikan. Kulit normal dikatakan sebagai kulit paling seimbang karena kondisinya yang tidak terlalu kering, berminyak, atau sensitif.

Ketika kulit Anda mampu mentoleransi sebagian besar produk dan aman-aman saja saat dioleskan produk atau bahan kosmetik baru, itu artinya jenis kulit Anda normal. Kulit normal juga cenderung halus, lembut, dan berwarna sehat.

Meskipun begitu, pemilik kulit normal tetap harus fokus pada penggunaan produk anti-aging seperti retinol dan disarankan untuk rutin melakukan chemical exfoliation guna memperbaiki penampilan kulit serta mencegah tanda-tanda penuaan.

2. Kulit kering

Kulit kering

Jenis kulit wajah yang kedua adalah kulit kering. Jenis kulit kering tidak menghasilkan cukup sebum atau minyak. Hal ini memungkinkan kelembaban yang dibutuhkan kulit menghilang dengan lebih mudah sehingga kulit cenderung kering dan bersisik.

Maka dari itu, jenis kulit ini membutuhkan hidrasi tambahan melalui produk-produk yang melembabkan, menyembuhkan, dan memperkuat skin barrier.

Tanda-tanda paling jelas dari kulit kering yaitu terlihat kemerahan, bersisik, pecah-pecah, kasar, atau terasa tertarik.

3. Kulit berminyak

Kulit berminyak

Jenis kulit wajah yang ketiga adalah kulit berminyak. Bertolak belakang dengan kulit kering, kulit berminyak memproduksi sebum atau minyak secara berlebihan sehingga terlihat berkilau, licin, berpori-pori besar, dan rentan akan jerawat.

Orang-orang dengan kulit berminyak harus menghindari penggunaan produk yang oily untuk menghindari penumpukan minyak. Selalu ingat untuk menggunakan produk berlabel oil-free atau non-comedogenic.

Kulit berminyak bisa menjadi tanda bahwa kulit kurang kelembaban sehingga kulit memproduksi minyak yang berlebihan untuk mengimbanginya. Jadi, pastikan untuk tidak memakai produk jerawat yang keras terus-menerus guna menghindari pengeringan kulit lebih lanjut.

Sebagai solusi, tambahkanlah produk yang mampu menghidrasi secara ringan seperti hyaluronic acid atau gentle moisturizer untuk melembabkannya kembali.

Baca Juga: 5 Pose Yoga untuk Seks yang Lebih Baik, Cocok Dipraktikkan bersama Pasangan

4. Kulit kombinasi

T-Zone

Jenis kulit wajah yang keempat adalah kulit kombinasi. Tanda paling umum dari kulit kombinasi yakni bagian T-zone lebih berminyak dibandingkan bagian wajah lain yang cenderung kering atau normal.

Area paling kering biasanya ada di bagian wajah yang menonjol seperti bagian atas pipi dan/atau bagian wajah dengan kulit yang tipis seperti area mata dan bibir.

Para pemilik kulit kombinasi disarankan untuk mencari produk kosmetik yang mengandung bahan-bahan ringan dan menghidrasi seperti hyaluronic acid untuk memberikan kelembaban tanpa menyumbat pori-pori.

5. Kulit sensitif

Kulit Sensitif

Jenis kulit wajah yang kelima adalah kulit sensitif. Umumnya, kulit sensitif disebabkan oleh genetika, kelainan kulit seperti rosacea dan eksim, atau kulit yang bermasalah.

Kulit yang sensitif akan mudah terpengaruh oleh alergen dan bahan yang agak keras. Akibatnya, kulit sensitif rentan mengalami berbagai permasalahan kulit seperti iritasi, kemerahan, gatal, kekeringan, dan sebagainya.

Pemilik kulit sensitif harus berhati-hati dengan bahan-bahan yang terkandung dalam produk kosmetik mereka. Sebelum menggunakan suatu produk, jangan lupa untuk membaca kemasannya dan memastikan bahwa produk tersebut memiliki label bebas wewangian, alkohol, sulfat, maupun paraben.

Sebaiknya, carilah bahan-bahan yang lembut serta bergizi bagi kulit seperti aloe vera dan antioksidan untuk membantu menenangkan kulit sekaligus melawan agresor lingkungan.

Itulah 5 jenis kulit wajah dan cara membedakannya. Jangan lupa untuk mencocokkannya dengan kulit Anda dan hentikan penggunaan produk-produk yang tidak disarankan ya Moms.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News