Keluarga

4 Cara Memilih Body Lotion Sesuai Jenis Kulit dengan Tepat, Jangan Sampai Salah

4 Cara Memilih Body Lotion Sesuai Jenis Kulit dengan Tepat, Jangan Sampai Salah

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 4 cara memilih body lotion sesuai jenis kulit dengan tepat di sini.

Seiring bertambahnya usia, lapisan epidermis cenderung menipis. Akibatnya, kulit tampak kering dan tidak sehat. Untuk menyelamatkan kulit tubuh dari masalah ini, body lotion bisa jadi solusi.

Manfaat lain dari body lotion selain mencegah kekeringan pada kulit yaitu memperbaiki skin barrier, anti-aging, mengobati kapalan, merawat dermatitis atopik, menenangkan kulit sensitif, hingga membantu penyembuhan luka.

Sama halnya dengan pelembab wajah, pemilihan body lotion juga harus disesuaikan dengan jenis kulit. Ini bertujuan untuk memaksimalkan manfaatnya.

Sebagai pedoman, berikut 4 cara memilih body lotion sesuai jenis kulit dengan tepat sebagaimana dirangkum dari Vedix.

Baca Juga: Daftar Produk Makeup Terbaik Sepanjang Tahun 2022, dari Foundation sampai Maskara

1. Cara memilih body lotion untuk kulit kering

The Body Shop Avocado Body Lotion

Kulit yang kering membutuhkan banyak hidrasi. Oleh sebab itu, body lotion berbahan dasar krim yang kental sangat direkomendasikan untuk kulit kering.

Selain melembabkan, body lotion semacam ini juga mampu membantu mengurangi retakan serta kerutan pada kulit kering dengan cara mengisi celah skin barrier.

Body lotion yang mengandung shea butter, coconut oil, avocado oil, almond oil, hyaluronic acid, atau glycerin merupakan pilihan yang baik untuk pemilik kulit kering.

2. Cara memilih body lotion untuk kulit berminyak

Jenis kulit berminyak akan mendapatkan manfaat yang maksimal dari penggunaan body lotion berbasis air atau gel yang non-comedogenic.

Pasalnya, body lotion tersebut mudah terserap ke dalam kulit dan tidak meninggalkan lapisan berminyak yang berisiko menyumbat pori-pori.

Pemilik kulit berminyak disarankan untuk memilih body lotion yang mengandung ekstrak lidah buaya, ekstrak mawar, atau ekstrak teratai.

Untuk membantu mengatasi masalah jerawat, body lotion yang mengandung ekstrak teh hijau dan tea tree oil tidak boleh Anda lewatkan.

Baca Juga: Ingin Segera Akhiri Masa Jomblo? Stop Lakukan 6 Hal Berikut Ini, ya

3. Cara memilih body lotion untuk kulit sensitif

NPure Noni Probiotics �Hydrate Me� Body Soft Lotion

Pemilik kulit sensitif harus benar-benar cermat saat memilih produk perawatan kulit guna menghindari reaksi alergi yang tidak diinginkan. Hal itu pun berlaku untuk pemilihan body lotion.

Hindarilah body lotion yang mengandung bahan-bahan keras seperti alkohol, pewangi, pewarna, dan semacamnya.

Sebagai gantinya, pilih body lotion yang mengandung bahan alami menenangkan serta memiliki sifat anti-inflamasi.

Adapun beberapa bahan alami yang menenangkan dan memiliki sifat anti-inflamasi di antaranya lidah buaya, chamomile, mentimun, rosemary, kunyit, dan sandalwood.

4. Cara memilih body lotion untuk kulit normal

Anda tidak perlu terlalu khawatir jika diberkati dengan kulit normal. Khusus untuk pemilik kulit normal, pilihlah body lotion yang sesuai dengan gaya hidup Anda.

Apabila Anda kerap menghabiskan waktu berjam-jam di ruangan ber-AC, Anda bisa memilih produk body lotion dengan formula yang lebih menghidrasi.

Di sisi lain, pilihlah body lotion yang dilengkapi dengan SPF jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan.

Body lotion ber-SPF akan melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari sekaligus mencegah penuaan dini.

Itulah 4 cara memilih body lotion sesuai jenis kulit dengan tepat. Mudah kan, Moms?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News