HOME, Keluarga

4 Trik Memilih Keramik Dinding yang Bikin Dapur Makin Apik

4 Trik Memilih Keramik Dinding yang Bikin Dapur Makin Apik

MOMSMONEY.ID - Ketika membicarakan tampilan dapur, banyak elemen yang turut berkontribusi untuk menciptakan tampilan dapur yang indah dan menarik.

Salah satu elemen yang ikut mempengaruhi tampilan dapur adalah keramik dinding alias backsplash. Selain mempercantik dapur, keberadaan keramik dinding juga dapat mencegah dinding dapur menjadi lembap dan kotor akibat kegiatan memasak.

Karena berfungsi ganda sebagai dekorasi dan pelindung dinding, memilih keramik dinding dapur yang tepat menjadi suatu keharusan. Kesalahan dalam memilih keramik dinding dapur tak hanya membuat dapur terlihat kurang menarik, namun juga dapat merusak dinding dapur sehingga harus sering diperbaiki.

Nah, apa saja hal-hal yang harus diperhatikan saat memilih keramik dinding dapur? Dirangkum dari hgtv.com, kitcheninfinity.com, dan marthastewart.com, berikut tips memilih keramik dinding yang tepat untuk dapur Anda.

Baca Juga: 6 Kesalahan Renovasi Kamar Mandi yang Wajib Dihindari

Perhatikan ukuran keramik

Saat memilih keramik untuk dinding dapur, Anda perlu mengukur luas permukaan dinding yang akan ditutupi oleh keramik.

Ukur lebar dan panjang dinding sesuai dengan luas yang  diinginkan, kemudian kalikan dan tambahkan sekitar 10 persen. Hal ini dapat membantu Anda menentukan ukuran dan jumlah keramik dinding yang sesuai dengan kebutuhan sehingga tidak akan terjadi kelebihan atau kekurangan keramik.

Sesuaikan desain keramik dengan tema dapur

Sebagai bagian dari dekorasi, desain keramik perlu disesuaikan dengan tema dapur dan serasi dengan penampilan meja atau konter dapur. Pilihlah warna dan desain sesuai dengan selera Anda.

Anda dapat menggunakan perpaduan warna yang senada atau bertolak belakang antara keramik dinding dan meja dapur, asalkan masih terlihat harmonis dan serasi. Hindari kombinasi keramik dinding yang ramai dengan permukaan meja dapur yang ramai supaya dapur masih enak dipandang.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Dapur Terbuka, Cocokkah untuk Rumah Anda?

Pertimbangkan budget

Budget alias anggaran merupakan faktor penting saat memilih keramik dinding dapur yang sesuai. Jangan hanya asal membeli keramik dinding yang murah, pertimbangkan juga beberapa hal lainnya.

Selain memilih keramik dinding yang berkualitas sehingga tahan lama, pilih desain keramik dapur yang minimalis, simpel, dan timeless. Jadi, penampilan dapur Anda tidak mudah terlihat ketinggalan zaman sehingga Anda tidak harus mengeluarkan biaya tambahan untuk merombak penampilan dapur dalam waktu beberapa tahun ke depan.

Perhatikan kebutuhan Anda

Saat memilih keramik dinding untuk dapur, tentu Anda harus memperhatikan kebutuhan Anda. Faktor ini bisa dilihat dari kebiasaan Anda saat menggunakan dapur.

Misalnya, jika Anda cenderung membuat berantakan saat memasak di dapur, pertimbangkan untuk menggunakan keramik dinding yang menutupi seluruh permukaan dinding sehingga terhindar dari cipratan air, minyak, dan cairan lainnya. Jadi, Anda dapat memilih desain keramik dinding yang tahan banting dan berukuran tinggi dan besar untuk membantu menutupi permukaan dinding dengan mudah.

Itulah beberapa tips memilih keramik dinding yang bisa Anda jadikan pertimbangan. Dengan keramik dinding dapur yang tepat, kegiatan memasak di dapur pun semakin nyaman dan penampilan dapur terlihat makin apik!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News