CLOSE [X]
ads

6 Kesalahan Renovasi Kamar Mandi yang Wajib Dihindari

Reporter: Kania Paramahita
Kamis, 23 Juni 2022 | 19:45 WIB
6 Kesalahan Renovasi Kamar Mandi yang Wajib Dihindari


MOMSMONEY.ID - Ketika sudah bosan dan jenuh dengan tampilan rumah, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah merenovasi sebagian atau seluruh bagian rumah tersebut. Hal yang sama juga berlaku untuk area tertentu di rumah, misalnya kamar mandi.

Memang, merenovasi kamar mandi supaya terlihat lebih baru dan segar bisa terasa menyenangkan. Namun, Anda juga perlu berhati-hati agar tidak melakukan kesalahan yang membuat proses dan hasil renovasi melenceng dari ekspektasi.

Jadi, apa saja kesalahan yang perlu dihindari saat merenovasi kamar mandi? Dikutip dari Architectural Digest dan Homes and Gardens, berikut penjelasannya.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Warna Keramik Lantai yang Bikin Rumah Terlihat Luas

Tidak memiliki rencana

Berbeda dengan sekadar mendekorasi, Anda tidak bisa seenaknya mengubah tampilan rumah setelah selesai direnovasi. Oleh karena itu, selalu rencanakan kegiatan renovasi dengan baik. Perencanaan ini mencakup tampilan dapur yang diinginkan, budget yang dimiliki, dan detail-detail kecil lainnya.

Memilih cat dinding yang salah

Saat memilih cat dinding, jangan sekadar memilih warnanya. Namun, perhatikan juga seperti apa finish atau hasil akhir dari cat dinding tersebut, misalnya matte atau glossy. Sebab, perbedaan hasil akhir cat dinding akan sangat mempengaruhi tampilan kamar mandi.

Tidak mempertimbangkan ventilasi

Kamar mandi termasuk area yang cukup lembap di rumah, sehingga sirkulasi udara atau ventilasi di dalam ruangan tersebut perlu diperhatikan. Jadi, jika Anda akan merenovasi kamar mandi, jangan lupa untuk mengoptimalkan sirkulasi udara supaya jamur dan lumut tidak mudah muncul dan merusak tampilan kamar mandi.

Baca Juga: Cara Mendesain Kamar Mandi yang Aman dan Nyaman untuk Anak

Pencahayaan kurang optimal

Sama seperti sirkulasi udara, pencahayaan yang baik juga merupakan aspek yang penting di dalam kamar mandi. Jika sebelumnya kamar mandi terasa suram, Anda bisa mengoptimalkan pencahayan melalui proses renovasi, misalnya menambah jendela atau skylight, atau memasang lampu tambahan.

Memaksakan banyak barang sekaligus

Orang-orang terkadang memaksakan untuk memuat banyak barang sekaligus di dalam kamar mandi. Misalnya, ada yang menginginkan kamar mandi yang diberi shower, bathtub, dan wastafel sekaligus, padahal tidak ada cukup ruang. Solusinya, pastikan setiap komponen kamar mandi yang ada bisa muat di dalam kamar mandi dan bisa digunakan dengan nyaman oleh Anda sekeluarga.

Tidak memperhatikan saluran air

Drainase lantai adalah hal yang wajib ada di dalam kamar mandi karena dapat mencegah genangan air. Jika dibiarkan, genangan air ini tentu akan membahayakan pengguna kamar mandi. Jadi, saat merenovasi kamar mandi, jangan lupa untuk memperhatikan drainase atau saluran air yang ada di lantai dan memastikan air bisa mengalir turun dengan lancar.

Itulah beberapa kesalahan saat merenovasi kamar mandi yang perlu dihindari. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru
TOPIK TERPOPULER