CLOSE [X]
ads

Kelebihan dan Kekurangan Dapur Terbuka, Cocokkah untuk Rumah Anda?

Reporter: Kania Paramahita
Kamis, 23 Juni 2022 | 20:00 WIB
Kelebihan dan Kekurangan Dapur Terbuka, Cocokkah untuk Rumah Anda?


MOMSMONEY.ID - Jika dulu bagian dalam rumah dibagi-bagi menjadi beberapa ruangan terpisah, lain halnya dengan saat ini.

Pasalnya, saat ini banyak rumah yang menggunakan konsep open floor plan alias konsep terbuka. Artinya, rumah ini kerap menggabungkan beberapa ruangan menjadi satu, seperti ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, hingga dapur.

Jadi, dengan kepopuleran rumah berkonsep terbuka, dapur dengan konsep yang terbuka juga ikut populer. Memang, dibandingkan dengan dapur konvensional, dapur terbuka menawarkan beragam kelebihan.

Namun, dapur terbuka juga memiliki kekurangan tersendiri yang perlu diperhatikan. Merangkum penjelasan dari Houzz, Home and Décor, dan Homify, berikut kelebihan dan kekurangan dapur terbuka.

Baca Juga: Yuk, Kenali Kelebihan dan Kekurangan Meja Dapur Berbahan Kayu!

Kelebihan Dapur Terbuka

Membuat rumah terasa luas

Dapur yang terbuka sudah pasti tidak memerlukan dinding pembatas. Hal tersebut akan membuat dapur seakan-akan menyatu dengan interior rumah, sehingga menciptakan kesan rumah yang lebih luas dan lapang.

Lebih banyak cahaya

Salah satu kelebihan rumah berkonsep terbuka adalah pencahayaan alami yang lebih merata karena tidak ada sekat atau dinding yang memblokir cahaya. Hal yang sama juga berlaku pada dapur terbuka, jadi dapur akan terasa lebih terang dan hidup.

Memudahkan interaksi keluarga

Jika Anda suka memasak bersama keluarga dan teman-teman, dapur berkonsep terbuka bisa menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, Anda bisa berinteraksi dengan anggota keluarga lainnya secara bebas tanpa dibatasi oleh dinding-dinding ruangan.

Praktis

Biasanya, dapur dengan konsep terbuka memiliki layout yang dijadikan satu dengan ruang makan. Oleh karena itu, Anda bisa langsung menghidangkan makanan dari dapur ke area makan tanpa perlu berpindah-pindah terlalu jauh. Praktis, kan?

Baca Juga: 4 Tips Menggunakan Batu Alam di Kamar Mandi untuk Kesan Natural

Editor: Kania Paramahita

Terbaru
TOPIK TERPOPULER