Santai

4 Tips Mudah Rawat Rambut Berwarna Setelah Proses Bleaching!

4 Tips Mudah Rawat Rambut Berwarna Setelah Proses Bleaching!

MOMSMONEY.ID - Rambut yang telah diwarna memiliki risiko kerusakan lebih tinggi apabila rambut tersebut harus melalui proses bleaching.

Proses bleaching adalah proses memutihkan rambut, sehingga warna rambut yang diinginkan bisa tampak dengan sempurna.

Setelah melakukan proses bleaching, ada baiknya untuk merawat kesehatan rambut dengan beberapa tips dan cara mudah berikut ini.

Baca Juga: 4 Manfaat Timun bagi Kesehatan Tubuh! Sudah Tahu Belum?

Gunakan minyak rambut

Risiko utama yang kerap dialami rambut dengan proses bleaching adalah rambut menjadi kering. Hal tersebut disebabkan karena proses bleaching “merusak” lapisan rambut yang menyimpan kelembaban rambut.

Maka dari itu gunakan minya rambut seperti olive oil, coconut oil, argan oil, atau almond oil untuk tetap menjaga kelembaban rambut.

Hindari terlalu sering keramas

Melansir dari laman Health Line proses bleaching akan menghilangkan kandungan minyak alami pada folikel rambut.

Untuk mengembalikan minyak alami pada folikel rambut, ada baiknya untuk mengurangi jadwal keramas. Sebaiknya bersihkan rambut dengan air dingin maksimal dua kali seminggu jika telah melakukan proses bleaching.

Baca Juga: Mencengangkan! Ini 4 Tanda Tubuh Kekurangan Protein! Cari Tahu Yuk!

Potong ujung rambut

Melakukan trimming atau merapikan ujung rambut juga penting dilakukan untuk merawat kesehatan rambut yang telah diwarna. Memotong ujung rambut yang kering dan bercabang juga perlu dilakukan secara rutin.

Hal tersebut disebabkan karena kerusakan pada rambut nantinya bisa merambat hingga ke bagian ujung rambut, yang tentunya bisa berakibat merusak seluruh bagian rambut.

Gunakan shampoo ungu

Purple shampoo adalah salah satu shampoo yang banyak digunakan untuk merawat rambut berwarna dan telah di-bleaching. Shampoo ini memiliki warna ungu yang memiliki fungsi sama seperti shampoo pada umumnya.

Namun laman Byrdie menambahkan bahwa shampoo ungu bisa membantu untuk menjaga warna rambut menjadi tidak mudah pudar. Sebaiknya gunakan purple shampoo dua minggu setelah proses bleaching agar tidak merusak tampilan warna. Sebab shampoo ungu bisa membuat warna rambut menjadi luntur juga jika digunakan terlalu sering.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News