Santai

4 Manfaat Timun bagi Kesehatan Tubuh! Sudah Tahu Belum?

4 Manfaat Timun bagi Kesehatan Tubuh! Sudah Tahu Belum?

MOMSMONEY.ID - Timun adalah salah satu jenis buah yang mudah ditemui dalam masakan Indonesia, terutama pada lalapan.

Walaupun memiliki banyak peminat yang menikmati timun, namun masih banyak yang tidak mengetahui manfaat dari mengkonsumsi timun.

Berikut ini adalah beberapa daftar manfaat dari timun yang bisa diperoleh bagi kesehatan.

Baca Juga: Ini Loh Tips Diet yang Cocok Untuk Kulit Berjerawat! Dijamin Manjur!

Hidrasi tinggi

Timun memiliki banyak sekali kandungan air, sehingga makanan yang satu ini tentu bagus untuk meningkatkan hidrasi pada tubuh. Terutama sebab air memiliki peran penting untuk melancarkan fungsi tubuh.

Timun terdiri dari 96% air, yang mana hal tersebut tentunya menjadi hal positif untuk meningkatkan hidrasi dan membantu mencukupi kebutuhan cairan harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

Mengandung anti-oksidan

Manfaat lain dari mengkonsumsi timun adalah bisa membantu meningkatkan anti-oksidan dalam tubuh. Anti-oksidan adalah molekul dengan tugas untuk memblokir oksidasi dalam tubuh yang di mana bisa menimbulkan radikal bebas penyebab penyakit.

Melansir dari laman Health Line, anti-oksidan pada timun juga mengandung flavonoid dan tannin. Keduanya bisa membantu mencegah akumulasi radikal bebas dan mengurangi resiko terserang penyakit kronis.

Baca Juga: Perhatikan! Inilah 5 Cara Merawat Kulit Berminyak Agar Awet Muda

Sebagai skincare

Nutrisi baik yang terkandung pada timun, ternyata juga memiliki manfaat baik jika digunakan sebagai skincare. Timun mengandung anti-inflamasi yang bermanfaat untuk menjaga kondisi kesehatan kulit.

Timun bisa membantu untuk menenangkan kulit, meredakan iritasi dan bengkak, serta membantu mengurangi tampilan wajah bengkak di pagi hari. Caranya adalah dengan menggunakan timun secara langsung pada area wajah atau kulit sebagai masker.

Menurunkan gula darah

Timun juga memiliki manfaat yang baik untuk membantu menurunkan gula darah yang menjadi pemicu munculnya penyakit diabetes.

Laman Medical News Today menjelaskan bahwa timun mengandung beberapa zat penting seperti cucurbitacin, anti-oksidan, dan juga serat yang bisa membantu mengurangi resiko terjadinya diabetes. Timun juga memiliki tingkat glikemik rendah yang bisa mencegah meningkatnya glukosa gula dalam tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News