Bugar

Perhatikan! Inilah 5 Cara Merawat Kulit Berminyak Agar Awet Muda

Perhatikan! Inilah 5 Cara Merawat Kulit Berminyak Agar Awet Muda

MOMSMONEY.ID - Pemilik kulit berminyak perlu merawat kulit wajah agar tetap terlihat awet muda. Kulit berminyak memang cukup rentan mengalam jerawat dan komedo karena produksi sebum yang berlebih. Pastika Anda menjaga kulit berminyak dengan baik, simak cara merawat kulit berminyak agar tetap awet muda dilansir dari cleanandclear.co.id, yaitu: 

1. Kurangi Konsumsi Makanan Manis

Pertama, kurangi konsumsi makanan manis untuk meningkatkan mood. Hal ini karena makanan yang manis bisa memperburuk kulit wajah dan meradang. Coba konsumsi gula alami dalam bentuk buah-buahan segar seperti, stroberi, blueberi, dan anggur merah. Ketiga buah ini mengandung antioksidan tinggi yang dapat mengurangi kerutan dan garis halus.

2. Rutin Gunakan Sunscreen

Sunscreen sangat penting digunakan setiap hari karena dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Sunscreen dengan SPF minimal 30 adalah langkah baik untuk menjaga kulit sehat dan merawat kulit dari tanda-tanda penuaan serta warna kulit yang tidak merata. Kemudian, Anda juga harus  menggunakan sunscreen di dalam rumah.

Hal ini karena sinar UV dari cahaya matahari dapat masuk ke dalam rumah melalui jendela. Tidak semua sunscreen memberi efek lembab dan kenyal pada kulit. Oleh karena itu, pakailah sunscreen yang dapat melembabkan serta mengandung antioksidan untuk melindungi kolagen di kulit

Baca Juga: 4 Manfaat Minyak Teh Hijau yang Menakjubkan untuk Kesehatan Rambut dan Kulit

3. Hindari Tidur Larut Malam

Suka begadang? Mulai hindari kebiasaan ini karena dapat mempengaruhi kondisi kulit. Tidur selama 8 jam sehari tidak hanya sekedar untuk mengistirahatkan pikiran saja, tetapi juga memberikan kulit Anda kesempatan untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan kulit yang ditimbulkan dari lingkungan dan kebiasaan buruk Anda sepanjang hari.

Kebiasaan tidur larut malam menyebabkan kulit menjadi kusam dan menimbulkan garis halus serta lingkaran hitam pada wajah.

4. Pastikan Kulit Terhidrasi dengan Baik

Cara merawat kulit berminyak selanjutnya adalah pastikan kulit terhidrasi dengan baik. Air membuat tubuh agar tetap terhidrasi dan segar, serta menjaga elastisitas kulit.

Minum air putih secara rutin cenderung tidak menunjukkan tanda-tanda penuaan dini, seperti garis halus dan kerutan, dibanding orang yang jarang minum air putih. oleh karena itu, minum air putih 6-8 gelas sehari. Kemudian, Anda juga memerlukan perawatan dari luar tubuh, yakni dengan rutin menggunakan pelembab kulit. 

5. Face Exercise

Terakhir, lakukan senam wajah juga. Menurut penelitian dari Northwestern Medicine di Chicago mengatakan bahwa senam wajah dapat memperkuat otot kulit dan meminimalisir tanda-tanda penuaan.

Senam wajah dapat melancarkan sirkulasi darah, sehingga kulit menjadi lebih kencang. Sehingga, lakukanlah senam wajah dengan rutin. Anda bisa melakukannya dengan memijat wajah ketika mengaplikasikan skincare.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News