Keluarga

4 Manfaat Minyak Teh Hijau yang Menakjubkan untuk Kesehatan Rambut dan Kulit

4 Manfaat Minyak Teh Hijau yang Menakjubkan untuk Kesehatan Rambut dan Kulit

MOMSMONEY.ID - Teh hijau merupakan salah satu minuman favorit yang telah terkenal di berbagai penjuru dunia terutama di kawasan Asia seperti India, China, dan Jepang. Bukan tanpa alasan, tingginya popularitas teh hijau berasal dari kandungan manfaatnya yang baik untuk kesehatan seperti mengatur suhu tubuh dan kadar gula serta memfasilitasi pencernaan yang lebih baik.

Selain dalam bentuk minuman, manfaat teh hijau juga dapat diperoleh dalam bentuk essential oil atau minyak esensial yang dibuat melalui proses distilasi uap.

Lalu, apa sajakah manfaat minyak teh hijau? Melansir BioFinest, inilah 4 manfaat minyak teh hijau khususnya untuk kesehatan rambut dan kulit.

Baca Juga: Selain Olahraga, Ini 6 Cara Lain untuk Membantu Anak Remaja Menurunkan Berat Badan

1. Mencegah kerontokan rambut

Minyak teh hijau memiliki kemampuan untuk membantu memblokir DHT (Dihidrotestosteron) yang merupakan salah satu penyebab utama kerontokan rambut parah pemicu kebotakan. Selain itu, minyak teh hijau juga mengandung antioksidan EGCG (Epigallocatechin gallate) yang memfasilitasi pertumbuhan rambut.

Berkat vitamin B atau panthenol yang terkandung di dalamnya, minyak teh hijau mampu membantu mengatasi rambut bercabang, melembutkan rambut, dan memperkuat akar rambut.

Penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan minyak teh hijau secara langsung ke kulit kepala akan menciptakan pemanjangan yang signifikan dari folikel rambut dan mendorong pertumbuhan rambut.

2. Melawan tanda-tanda penuaan kulit

Minyak teh hijau dapat membantu memperbaiki kondisi kulit secara drastis dan membuatnya lebih sehat sekaligus kencang.

Mengandung senyawa anti-aging dan antioksidan, minyak teh hijau juga dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan kulit seperti kerutan. Plus, minyak teh hijau mampu mencegah pembentukan zat berbahaya pada kulit yang berpotensi mempercepat proses penuaan.

Oleskan beberapa tetes minyak teh hijau pada malam hari sebelum tidur guna mencegah pembentukan kerutan pada wajah. Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat mencampurkan minyak teh hijau dengan carrier oil seperti coconut oil, rosehip oil, jojoba oil, atau sunflower oil. Mengutip Wikipedia, carrier oil atau minyak bawaan adalah minyak dasar untuk mengencerkan essential oil sebelum dioleskan ke kulit.

Baca Juga: 6 Tips Makeup Supaya Tidak Gampang Pudar, Dijamin Awet Berjam-jam!

3. Mengurangi peradangan

Sifat anti-inflamasi yang ada pada minyak teh hijau bermanfaat untuk membantu menyembuhkan noda sekaligus mencegah peradangan serta kemerahan. Ajaibnya, minyak teh hijau juga bisa meningkatkan elastisitas kulit Anda lho Moms.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Investigative Dermatology pada tahun 2013 menemukan bahwa senyawa EGCG dalam minyak teh hijau telah secara signifikan membantu mengurangi sebum dan peradangan.

Nah, dikarenakan sebum dan peradangan berkaitan erat dengan jerawat, maka penggunaan minyak teh hijau pun akan secara otomatis mengurangi jerawat.

4. Mengatasi lingkaran hitam di bawah mata

Zat alami dan antioksidan yang terkandung di dalam minyak teh hijau diklaim mampu membantu mengobati mata yang bengkak serta lingkaran hitam akibat kurang tidur.

Minyak teh hijau akan mengurangi pembengkakan dengan cara mencegah peradangan pembuluh darah pada kulit di sekitar mata.

Setelah dicampur dengan carrier oil, pijat bagian bawah mata Anda dengan minyak teh hijau secara lembut untuk mengatasi garis-garis halus dan lingkaran hitam pada mata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News