Santai

Ini Loh Tips Diet yang Cocok Untuk Kulit Berjerawat! Dijamin Manjur!

Ini Loh Tips Diet yang Cocok Untuk Kulit Berjerawat! Dijamin Manjur!

MOMSMONEY.ID - Cara untuk mengatasi kulit berjerawat tak hanya bisa dilakukan dengan melakukan perawatan kulit saja. Mengatur diet atau pola makan juga perlu untuk diperhatikan.

Ada beberapa jenis makanan yang baik dan buruk untuk dikonsumsi bagi kulit berjerawat. Sehingga, diet anti-acne harus menjadi pertimbangan jika ingin mengurangi jerawat pada kulit.
 
Berikut ini adalah beberapa tips diet yang bisa digunakan untuk kulit yang berjerawat. Simak ya!
Hindari makanan manis
 
Tips diet yang satu ini menjadi salah satu cara efektif dan aman dilakukan terutama untuk kulit yang berjerawat. Makanan yang mengandung banyak gula bisa menyebabkan gula darah meningkat dengan cepat.
 
Gula darah yang meningkat cepat tersebut melepaskan insulin dan hormon yang menyebabkan kelenjar minyak memproduksi sebum. Hal tersebutlah yang menyebabkan resiko munculnya jerawat dan inflamasi.
 
Hindari makanan tinggi glikemik
 
Beberapa jenis makanan ada yang memiliki indeks glikemik tinggi. Makanan tersebut juga sebaiknya dihindari bagi yang memiliki kulit berjerawat.
 
Laman Medical News Today bahkan menjelaskan bahwa diet untuk kulit berjerawat sebaiknya tidak menyertakan makanan tinggi glikemik yang bisa memperparah resiko munculnya jerawat. Seperti roti putih, makanan instan, produk dairy, dan juga snack.

Baca Juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ini Beda Breakout dan Purging pada Kulit! Cari Tahu Yuk!

Perbanyak konsumsi vitamin
 
Vitamin bisa diperoleh dari berbagai jenis makanan sehat seperti buah dan juga sayur. Perbanyak konsumsi buah maupun sayur untuk menunjang jumlah vitamin dalam tubuh.
 
Salah satu jenis vitamin yang baik bagi kulit berjerawat adalah vitamin A dan E. Keduanya merupakan vitamin yang bisa membantu mengurangi resiko munculnya jerawat pada kulit.
 
Konsumsi zinc
 
Zinc juga merupakan salah satu kandungan yang baik disertakan pada diet untuk kulit berjerawat. Laman Health Line menjelaskan bahwa zinc adalah jenis mineral penting yang membantu menjaga metabolisme dan keseimbangan hormon.
 
Beberapa jenis makanan ada yang kaya akan kandungan zinc. Seperti beberapa diantaranya adalah seafood, daging, kacang mete, biji labu, dan quinoa.
 
Konsumsi anti oksidan dan omega 3
 
Tips diet untuk kulit berjerawat yang terakhir adalah dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung anti oksidan dan omega 3. Keduanya merupakan kandungan yang baik untuk mengurangi jerawat.
 
Omega 3 bisa ditemukan pada ikan dan telur. Sedangkan anti oksidan adalah zat yang bisa membantu mengurangi racun pada tubuh. Keduanya juga merupakan zat yang baik untuk mencegah inflamasi yang menjadi penyebab munculnya jerawat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News